Bicara Pergeseran Anggaran, Victor Mailangkay Usul Distribusi Bantuan Dilakukan Tentara atau Polisi

Dr. Victor Mailangkay, SH, MH


Manado – Pemerintah dan DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sepakat akan melakukan pergeseran anggaran sebagai langkah membantu masyarakat akibat penyebaran wabah virus corona Covid 19.

Dijelaskan Wakil Ketua DPRD Sulut, Dr. Victor Mailangkay, SH, MH, pergeseran anggaran dilakukan apabila telah disetujui lewat suatu proses yang transparan, cepat dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum dalam keadaan darurat.

“Dalam hal ini pergeseran APBD terhadap dana Pilkada, dana perjalanan dinas luar negeri dan dana lainnya termasuk dana pembangunan infrastruktur daerah,” kata Victor Mailangkay kepada wartawan Manadonews.co.id di Manado, Selasa (31/3/2020).

Meski demikian, menurut Victor Mailangkay, beberapa hal perlu diperhatikan pada pemanfaatan anggaran untuk bantuan sosial kemasyarakatan akibat dampak penyebaran Covid 19 di antaranya, Pemda lakukan koordinasi yang mantap, terpadu dan terarah (Pemprov dan Pemkab/Pemkot) di bawah komando utama Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

“Dalam hal pendataan dan distribusi terhadap keluarga yang layak dibantu sebaiknya dilakukan oleh TNI dan Polri sebagai pihak yang netral dalam Pilkada, serta dibantu sepenuhnya oleh perangkat kecamatan, desa atau kelurahan bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat,” terang Victor Mailangkay.

Baca Juga:  Dua Periode hampir Selesai, RTH dan Pedestrian Boulevard tidak Tuntas

Politisi senior ini, juga minta Pemda menyiapkan bahan natura dalam bentuk kebutuhan pangan rakyat yang akan didistribusikan oleh TNI dan Polri kepada keluarga penerima yang telah terdata.

“Berikan bantuan secara natura dan hindari pemberian uang tunai. Lakukan dengan segera sebagai kegiatan kemanusiaan yang tidak bersentuhan dengan kepentingan Pilkada (nanti),” pungkas Mailangkay.

(YerryPalohoon)