Cegah Covid-19, 508 Narapidana se-Sulut ‘Dirumahkan’

MANADO,Manadonews.co.id–.Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19, sebanyak 508 narapidana yang ada dalam pengawasan Unit pelaksanaan teknis (UPT) Pemasyarakatan Sulawesi Utara, yang terdiri dari 14 UPT, akan mendapatkan pemberian Asimilasi dan Hak integrasi bagi Narapidana dan anak.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Kantor wilayah kementerian Hukum dan Hak asasi manusia ( Kemenkumham) Sulut, Lumaksono SH.MH dalam jumpa pers di kantor wilayah Kemenkumham Sulut pada Jumat, (03/04), bahwa sudah ada mekanisme pemberian Asimilasi dan Hak integrasi bagi Narapidana dan anak.

“Ada beberapa syarat dan ketentuan dalam pengeluaran napi dan anak yang sudah diatur dengan Peraturan Menteri Hukum dan Ham Nomor 10 Tahun 2020 yaitu narapidana yang menjalani 2/3 hukuman, bagi anak 1/2 masa hukumannya serta yang bukan termasuk kategori PP Nomor 99 tahun 2012,” ujarnya.

Selanjutnya Lumaksono mengatakan hak tersebut didapatkan oleh warga yang bukan dari negara asing dan kepada napi yang berkelakuan baik dalam waktu 6 bulan terakhir.

“Ini juga tidak masuk dalam buku register ‘f’ yaitu di pelanggaran tata tertib serta aktif mengikuti mengikuti program di pembinaan dengan baik dan bersedia diawasi balai pemasyarakatan,” lanjutnya.

Baca Juga:  ASN dan THL Sulut Diminta Selalu Update Pengetahuan

“Hal ini juga sama persis dengan narapidana yang dimaksudkan di untuk mendapatkan integrasi kepada narapidana dan anak secara keseluruhan” pungkasnya.
(Ben)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
13 votes

This will close in 10 seconds