TERBUKTI!!! Roti KAMANG Mampu Hadapi VIRUS CORONA, Ini Faktanya.

MANADO, MANADONEWS.co.id-Pada era tahun 1960-an, di kota Manado berdiri satu pabrik Roti dengan nama “Kamang”. Seiring perkembangan jaman dan teknologi usaha pabrik roti berkembang sangat pesat.

Perusahaan Roti Kamang pada awalnya dirikan oleh Om Agus Pola dan Om Petu Mangare yang berlokasi di lorong Pencak penghubung jalan Sam Ratulangi dan Boulevard.

Salah seorang penjajah keliling Roti Kamang Om Stevi kepada media ini menuturkan bahwa akibat dihadang oleh kompetitir perusahaan roti lokal dan nasional, sebelumnya memiliki sebanyak 50 orang penjajah keliling bersepeda, namun saat ini penjajah keliling Roti Kamang hanya tersisah dua orang yakni dia bersama dan Om Lius yang berkeliling dari lorong kelorong dalam wilayah kota Manado

“Saya bersama Opa Lius telah kurang lebih dua puluh tahun menjalani profesi bajual roti Kamang dengan sepeda tua ini “kata Stevi

Dia menuturkan, nama Roti Kamang di ambil dari bahasa Kampung (pedalaman) yang artinya BERKAT.

“Memang sekarang torang kurang andalkan langganan yang ada di Kota Manado, yang mayoritas usia orang dewas dan orang tua.”ungkap lelaki paruh bayah yang mengaku menjalankan usaha sebagai penjual roti Kamang keliling dengan sepeda ontel ini sejak era tahun 1980-an.

Baca Juga:  Pemkot Tomohon dan kader KB Gelar dialog Bersama.

Kepada media ini Om stevi menegaskan bahwa meski banyak saingan, hingga saat ini Roti Kamang yang setiap hari dia jualnya secara berkeliling itu tetap terjual dan jadi mata pencariannya untuk menghidupkan Istri dan anaknya.

“Saya bertahan hidup sebagai penjual roti Kamang keliling ini karena meskipun berhadapan dengan pesaing lainnya, namun puji Syukur setiap hari roti yang laku bisa mencapai seratus paket.”kata om Stevi sambil menambahkan roti Kamang yang mereka pasarkan bercita rasa Roti Kampung yang sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet makanan.

Kehadirannya sejak enam puluh tahun silam, roti Kamang telah banyak melewati massa Sulit dalam bidang ekonomi misalnya krisis ekonomi dan masuknya para pesaing dengan cita rasa dan proses modern, hingga telah melewati banyak bencana alam fisik misalnya banjir bandang yang melanda kota Manado serta bencana alam non fisik seperti wabah flu burung hingga wabah virus Corona hanya kedua pedagang roti Kamang keliling yang masih berani dan setia menyapa warga Kota Manado dengan cita rasanya yang khas “Roti Kampung Dulu-dulu”.

Baca Juga:  Ratusan Dokter Faked Unsrat Guncang Corner Club Manado

Bagi warga Kota Manado yang ingin membeli “Roti Kamang” ini dapat ditemui di sepanjang jalan Sam Ratulangi, jalan siswa, Jalan Bethesda dan sepanjang jalan utama Boulevard atau dapat menghubungi langsung Om Stevi pada nomor Hp 0852 5643 4305 (nando)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
461 votes

This will close in 10 seconds