Maksimalkan Penanganan COVID-19, Pemprov Sulut Salurkan APD-Rapid Test Ke Seluruh Kabupaten/Kota

SULUT,MANADONEWS.co.id- Guna mempercepat dan memaksimalkan upaya pencegahan peredaran COVID-19, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara secara terintegrasi melaksanakan pencegahan penyebaran Covid 19 dengan kemampuan yang ada.

“Saat ini kami sedang melaksanakan penyaluran bantuan Alat Pelindung Diri(APD) dan Rapid Test ke seluruh Rumah Sakit Rujukan dan RS Penunjang Rujukan serta Dinas Kesehatan Kabupaten Kota di Sulut.”ujar Karo Pemerintahan dan Otda Pemprov Sulut Jemmy Kumendong kepada media ini.

Menurut Kumendong, penyaluran
bantuan APD saat ini dilakukan dalam dua Tahap, dimana untuk tahap pertama penyalurannya diprioritaskan bagi ke RS Rujukan dan RS Penunjang Rujukan baik RS Pusat, RS Daerah maupun RS Swasta yang sebagian besar terdapat di Kota Manado.

“Adapun pembagian APD tahap 1 ini sesuai dengan grafis, dan pembagian APD Tahap 2 ke seluruh Dinas Kesehatan Kabupaten Kota.”katanya.

Dia menambahkan, khusus untuk Dinas Kesehatan Kota Manado bantuan yang disalurkan adalah; APD Cover All Suit 50 buah, APD Jas Hujan 10 buah, Masker 210 dos dan sepatu boot 10 buah, sementara untuk Dinas Kesehatan Kota Manado telah diserahkan sebanyak 150 test Kit.

Baca Juga:  Diabetes Tidak Kunjung Sembuh, Petani Tewas Gantung Diri

Kumendong menuturkan, terkait hal diatas Pemprov Sulut juga mendorong Bupati dan Walikota agar melakukan pengadaan APD, terutama bagi tenaga kesehatan yang melaksanakan tugas di Puskesmas masing-masing, Hal ini sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat dan yang telah dibahas dalam Rapat Koordinasi Forkompimda Provinsi dengan dgn para Bupati dan Walikota bersama unsur Forkompimda Kabupaten Kota se-Sulawesi Utara melalui Video Conference pada tanggal 31 Maret yang lalu.

Untuk itu katanya, seluruh Kabupaten Kota didorong agar menggeser dan merefocusing anggarannya sesuai dengan mekanisme Permendagri Nomor 20 Tahun 2029 dengan memberikan prioritas terhadap perlengkapan kesehatan yang sangat dibutuhkan dalam menangani Covid 19 seperti pengadaan APD bagi Puskesmas.

“Pemerintah Provinsi menyadari bahwa jika ingin berhasil dalam penangan wabah Covid 19 ini, maka perlu kesatuan gerak, integrasi dan koordinasi yang baik antara Pemerintah Provinsi, Kabupaten Kota, TNI, Polri, Instansi Vertikal, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta seluruh elemen masyarakat,” ujarnya.

Untuk itu, Kumendong juga mengajak semua pihak menjaga kondusifitas daerah di tengah pandemi corona ini.

Baca Juga:  Pemprov Sulut Gelar Media Gathering

“Kita harus menjaga kondusifitas dan stabilitas Daerah, dgn tidak sembarangan membuat statement yg menyesatkan ditengah masyarakat dan lebih mengedepankan rasa aman dan nyaman serta kekompakan dalam memerangi Pandemi Covid 19 ini,” bebernya.

Lebih lanjut, Karo Pemerintahan dan Otda menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi, memberikan apresiasi dan penghargaan kepada TNI/Polri yang telah membantu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama ini, Selain itu apresiasi dan penghargaan juga diberikan bagi seluruh elemen masyarakat yang telah berkontribusi dan bekerjasama untuk mematuhi himbauan pemerintah utk social/physical distancing, WHF, SFH, beribadah divrumah, menggunakan masker, menyiapkan peralatan cuci tangan baik di perkantoran, tempat umum maupun di rumah sendiri, penyemprotan disinfektan dan kegiatan/aktivitas lain yang sangat membantu pencegahan penyebaran Covid 19 ini.

“Secara khusus Pemerintah Provinsi juga memberikan penghargaan dan apresiasi yang sangat besar terhadap para tenaga-tenaga kesehatan yang telah berjuang walaupun dengan taruhan nyawa utk mencegah penyebaran dan merawat para korban Covid 19, semoga upaya ini berhasil sesuai dengan harapan.” tandas Kumendong.

Baca Juga:  Dana BOS 2018 Sebesar Rp. 504 Miliar Gubernur Minta Proses Penyaluran Sesuai Mekanisme

Secara terpisah, Kepala Biro Umum Setdaprov Sulut yang dipimpin Clay June Dondokambey mengatakan Pemrov Sulut terus memaksimalkan seluruh upaya mencegah penyebaran dan dampak yang diakibatkan oleh Virus Corona antara lain menyiapkan APD dan Rapid Test serta berbagai aksi nyata yang bersentuhan langsung terhadap warga yang terdampak langsung antara lain pembagian sembako bagi para sopir angkot, pengemudi Ojek Online serta pembagian makanan siap saji yang disiapkan oleh dapur umum Pemrov Sulut.

“Khusus untuk kebutuhan APD dan Rapid Test hampir semua wilayah Kabupaten/Kota Se-Sulut sudah disalurkan dan disiapkan.”tandas Clay sambil mengajak seluruh komponen masyarakat di Sulut bersatu mendukung gerakan sosial melawan Virus Corona antara lain mentaati anjuran protokol kesehatan dan sosial COVID-19.(nando)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
928 votes

This will close in 10 seconds