Ester dan Mordekhai Contoh Paripurna Praktik Ketulusan Mendahului Penghargaan

Doa Berkat


Tombulu, Manadonews.co.id – Mordekhai, Ester, Haman dan Raja Ahasyweros menjadi pembelajaran dalam khotbah ibadah Minggu, 26 April 2020.

Jemaat Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) kembali melaksanakan ibadah Minggu melalui live streaming facebook dari gedung gereja masing-masing.

Ibadah Minggu jemaat GMIM Alfa-Omega Rumengkor dipimpin Pdt. Hana Ireine Tamunu, S.Th, mengambil pembacaan Alkitab Ester 6: 1-14 dengan judul Mordekhai dihormati.

Di awal khotbah, Pendeta Hana Tamunu mengatakan umat Tuhan patut bersyukur masih bisa beribadah di tengah pandemi Covid-19 Corona meskipun hanya secara online.

Firman Tuhan bertemakan “Ketulusan Mendahului Penghargaan” ceritakan tentang Ester dan Mordekhai di masa pemerintahan Ahasyweros, raja Persia.

Di masa itu, pada aspek politik dan pemerintahan ada skenario dalam istana yang dilakukan Haman untuk menjatuhkan raja Ahasyweros.

Di aspek sosial ada persaingan meraih kekuasaan dan aspek keagamaan orang Israel berseru kepada Tuhan dengan sungguh-sungguh untuk diselamatkan.

Ketulusan hati Mordekhai dan Esther selamatkan bangsa Israel sekaligus menghindarkan raja Ahasyweros dari ancaman kudeta Haman, orang terdekat raja.

Baca Juga:  Ini Aturan Bagi Peserta CAT CPNS Kotamobagu

“Umat Tuhan terkadang sulit mempraktikan ketulusan terhadap orang-orang di sekitar yang pernah menyakiti,” jelas Pendeta Hana.

Haman diberikan kekuasaan besar dari raja namun ia tidak pernah puas, hanya berusaha memuaskan semua keinginan termasuk membunuh saingannya.

“Banyak orang hanya mengejar kebutuhan untuk dihargai. Padahal, Firman Tuhan mengajarkan umatNya bekerja dengan ketulusan maka Tuhan sendiri yang akan memberikan penghargaan,” terang Pendeta Hana.

Melakukan pekerjaan dalam ketulusan tidak mudah karena taruhannya adalah kerendahan hati.

“Ketulusan hati dapat dipraktikan dalam kehidupan berkeluarga, bergereja, berbangsa dan bernegara,” pungkas Pendeta Hana.

(YerryPalohoon)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
1414 votes

This will close in 10 seconds