ROR: APBD Tahun Ini Sangat Berat

TONDANO, MANADONEWS.CO.ID – Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring MSi, IPU, ASEAN.Eng dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si menghadiri rapat paripurna DPRD Kab. Minahasa dalam rangka penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) kepala daerah kabupaten minahasa tahun anggaran 2019 via video conference, Selasa (28/04/2020).

Paripurna dipmpin Ketua DPRD Kab. Minahasa Glady Kandouw SE dan dihadirianggota DPRD, Forkopimda, Sekdakab Minahasa Frits Muntu S.Sos beserta Jajaran.

Mengawalo laporan keterangan pertanggungjawaban, Bupati Minahasa mengajak semua untuk mempersembahkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, yang memperkenankan terlaksananya Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa, dengan agenda utama penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun Anggaran 2019, walaupun dengan suasana yang agak berbeda.

“Selaku Bupati Minahasa saya menyampaikan substansi dan makna dari LKPD ini,” ujarnya.

Ia menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus disertai penghargaan yang tinggi kepada Pimpinan dan segenap Anggota Dewan yang terhormat, yang telah mengagendakan acara rapat paripurna dengan Media Video Conference.

Baca Juga:  Selain Langsung Turun Lokasi, Pemprov Sulut Siapkan Posko Siaga Bencana

“Selamat menunaikan ibadah puasa bagi umat muslim di daerah ini,” tuturnya.

“Sebagai Pimpinan daerah yang dipilih secara langsung oleh rakyat, maka menjadi kewajiban kami baik secara moral maupun konstitusional untuk mempertanggungjawabkan amanah rakyat Minahasa yang dipercayakan kepada kami, guna diaktualisasikan dalam pembangunan,” paparnya,

Menurutnya, pola pertanggungjawaban ini sangat penting dalam kerangka membangun komunikasi yang efektif dan konstruktif dengan masyarakat Minahasa yang direpresentasikan oleh lembaga yang terhormat, DPRD.

“Sejak awal memimpin Minahasa, kami telah meletakkan frame pembangunan melalui RPJMD 2018 – 2023, di mana program-program pembangunan yang dilaksanakan setiap tahun diupayakan untuk tetap sinergitas dengan apa yang diamanatkan dalam RPJMD tersebut,” tukasnya.

Ditarakannya, perlu disadari tantangan ke depan makin berat dan kompleks, terutama berkaitan dengan upaya untuk melawan kemiskinan (poverty) dan keterbelakangan (underdevelompent).

“Karena itu, arah pembangunan ke depan akan lebih terfokus pada peningkatan kesejahteraan rakyat. Terutama setelah Pandemi Covid 19 berakhir. Karena itu kita perlu mendesain strategi pengembangan ekonomi daerah yang lebih tepat (government driven development strategy).” katanya.

Baca Juga:  Sekretaris Polpp Beri Selamat Atas di Lantiknya Yasti-Yanni Menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bolmong

Katanya lagi, APBD kita Tahun 2020 ini sangat berat, tidak ada sentuhan pembangunan bagi masyarakat, karena di samping ada kebijakan Pemerintah Pusat untuk mengurangi DAU, tapi juga DAK masih dipending.

“Hal ini tentu akan berakibat pada menurunnya ekonomi masyarakan dan bahkan akan makin bertambah angka kemiskinan kita. Di samping itu, kitapun tahu bersama pada saat ini dunia sedang dilanda COVID 19/Corona Virus Disease 2019. Pandemi ini sudah menginfeksi seluruh Provinsi yang ada di Indonesia. Oleh karena itu Pemerintah Pusat sampai ke Tingkat Daerah sedang mengupayakan untuk memutus mata rantai pandemi virus corona dengan mensosialisasikan Social Distancing dan Physical Distancing dengan mengikuti Protokol Kesehatan yang sudah diterapkan,” ucapnya,

TImbuhnya. Pemkab menyampaikan terima kasih dan presiasi yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan Dewan dan seluruh Anggota Dewan karena telah membantu Pemerintah Kabupaten dengan menggeser anggaran reses dan diperuntukan untuk korban dampak Covid 19.

“Kita semua tentu merasa terpanggil untuk berdoa bersama agar pandemi ini bisa cepat berlalu dan Tuhan kiranya senantiasa melindungi Minahasa dan Sulawesi Utara dari Penyebaran Covid 19 ini,” katanya.

Baca Juga:  Binilang dan Pemprov Sulut Usul Transportasi Udara di Talaud

Lanjutnya, berbagai kemajuan dan keberhasilan selang tahun 2019 tidak terlepas dari dukungan dan topangan yang diberikan oleh seluruh komponen masyarakat yang ada di Minahasa.

“Karena itu, dengan hati yang tulus kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada seluruh elemen di daerah ini, baik Pimpinan dan Anggota DPRD, FORKOPIMDA, jajaran birokrasi Pemerintah Kabupaten, tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan partai politik, rekan-rekan pers, serta semua pihak yang tiada pernah berhenti mengalirkan dukungan dalam berbagai bentuk,” ujarnya.

ROR mengatakan, melalui penyampaian LKPJ Kepala Daerah Tahun Anggaran 2019 ini, kiranya dapat dibahas oleh DPRD Kabupaten Minahasa guna memperoleh rekomendasi perbaikan bagi penyempurnaan dan perbaikan dalam proses pembangunan ke depan.

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa akan senantiasa memberkati segala upaya dan langkah kita bersama dalam mewujudkan Minahasa yang Semakin Hebat Ke depannya,” katanya mengakhiri penyampaian.

Yunita Rotikan

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
596 votes

This will close in 10 seconds