Kata Wali Kota Jimmy Eman, Pandemi Covid-19 Bawa Pandangan Normatif Baru

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman, SE, Ak, CA bersama Jajaran Pemerintah Kota Tomohon melaksanakan ibadah bersama yang disiarkan langsung melalui akun Youtube pada Selasa 12 Mei 2020 jam 09.00 bertempat di Ruang Kerja Kediaman Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE Ak.

Ibadah yang diikuti oleh seluruh pejabat ASN dan Tenaga kontrak melalui live streaming dipimpin Pendeta Arthur N Massi, M.Th yang mengambil pembacaan dalam Roma 8:28 : Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Dalam renungannya beliau mengatakan saat ini di seluruh dunia bergumul, begitu juga Kota Tomohon. Beliau mengibaratkan Taman Eden yang di Lock Down Tuhan, Nuh dan Bahtera Nuh dengan Air Bah.

“Begitu juga dengan peringatan peristiwa Pentakosta tanggal 31 Mei 2020 nanti. Karena Surga yang disiapkan Tuhan tidak sembarang orang bisa masuk. Dalam Roma 8 : 28 mengingatkan kita akan situasi kita saat ini yang harus di rumah saja,bekerja dari rumah dan beribadah di rumah. Pembacaan ini mengingatkan semua orang bahwa kita harus benar-benar memelihara kekudusan hidup kita, begitu banyak gereja yang saat-saat ini menyerukan doa dan puasa begitu juga GMIM yang menyerukan doa dan puasa itu bukan mustahil seperti dilakukan Ester yang berpuasa 3 hari, Daniel Puasa 21 hari, bagaimana Yesus berpuasa 40 hari, bagaimana juga gereja-gereja lain di Eropa, Amerika termasuk beberapa gereja besar di Indonesia berpuasa bersama,” paparnya.

“Mereka percaya dan kita juga percaya bahwa Allah akan melakukan tindakan IlahiNYA bagi semua orang yang tetap percaya mengandalkan kuasa kasih Nya. Saya percaya dan kitapun percaya kalaupun ini terjadi adalah demi kebaikan kita dan keluarga kita. Sering waktu kita sebelumnya kurang waktu kita untuk isteri kita, suami kita,anak-anak dan orang tua, keluarga kita. Kita lebih sering sibuk dengan diri kita sendiri. Apalagi dengan begitu banyak adanya hanphone, i-pad dan sebagainya yang membuat orang bersikap individualistis tetapi melalui Covid ini sepertinya Tuhan mau mengingatkan tentang peristiwa eden, keluarga yang dibentuk pertama oleh Tuhan sangat penting sekali dan kemudian mengubahkan satu hal agar kita boleh menikmati kedaulatan Tuhan, Kasih Tuhan yang begitu besar. Kita percaya sebagaimana Kota tercinta ini Kota Tomohon Kota berkat dari Tuhan, Kota Spiritualitas Kota Study, Kota yang layak dibanggakan sampai sekarang ini. Ketika kita bersyukur dengan tujuh kali berturut-turut Pemerintah Kota Tomohon mendapatkan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian, sudah tujuh kali.saya yakin Pemerintah berusaha dan bekerja keras. Kita tentu berdoa dan meskipun di tengah Covid-19 Kota Tomohon mendapatkan Opini WTP dalam pengelolaan keuangan tujuh kali berturut-turut ini merupakan berkat Tuhan atas kerja keras kita semua,” urainya.

Baca Juga:  KKR di Lapangan Ompi Ratahan Dihadiri Ribuan Warga Mitra

Walikota Jimmy Eman dalam sambutannya bersyukur memuji dan memuliakan nama Tuhan.

“Memang kita sebagai pemerintah juga sebagai masyarakat sudah mulai membiasakan hal-hal yang kalau dulunya dirasa kurang sreg, kurang wajar tapi rupanya ketidak wajaran yang kita rasakan di satu dua bulan yang lalu ini, sudah menjadi hal yang normatif, karena seperti halnya kita biasa beribadah di setiap bulan setiap hari senin, apel dan sebagainya. Kita saat ini sebagai Pemerintah melaksanakan peribadatan lewat live streaming. Ini bukan dilakukan oleh pemerintah kota Tomohon tetapi masyarakat di Kota Tomohon termasuk masyarakat yang ada di dunia ini,” ungkap Eman.

Kata Wali Kota, pengalaman saat ini merupakan suatu pandangan normatif yang baru, suatu kehidupan tatanan yang baru bahwa seperti inilah manusia terus berkomunikasi diakibatkan oleh bencana non alam pandemi covid-19.

“Oleh karena itu tentunya kita harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang terus memperkenankan kita semua sebagai pemerintah, sebagai masyarakat terus dikaruniakan kekuatan dan kesehatan dalam melaksanakan seluruh aktivitas,” tuturnya.

Baca Juga:  Hadiri Rakornas, Sumendap Ingatkan Pentingnya Kerja Sama Semua Pihak Cegah Bencana

Atas nama Pemkot Tomohon, Eman menyampaikan selamat beribadah puasa kepada saudara-saudara umat muslim.

Selanjutnya Walikota mengatakan, Kamis 11 Mei 2020, Pemerintah Kota Tomohon oleh BPK RI khusus di Provinsi Sulut Kabupaten dan Kota, telah diserahkan laporan keterangan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah LKPD (Laporan Keterangan Pemerintah Daerah) tahun 2019 yang telah diaudit oleh BPK RI.

“Dan hasilnya tentu ya sama-sama kita ketahui bahwa Pemerintah dan Masyarakat Kota Tomohon mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian. Ini tentunya merupakan suatu hal yang sangat membahagiakan, mensukacitakan bagi kita semua karena ini merupakan hasil kerja komitmen dari seluruh jajaran, bukan hanya komitmen dari Wali kota, Wakil Wali kota dan Sekdakot tetapi jajaran dari seluruh perangkat daerah termasuk juga masyarakat tentang kepatuhan ketaatan terhadap aturan-aturan sehingga kita mendapat kembali opini WTP di tahun 2020 ini dan Sudah tujuh kali kita bersyukur kepada Tuhan,” katanya.

Penghargaan ini, lanjutnya, menjadi berkat bagi pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon walaupun di suasana pandemi Covid-19 di tahun 2020 ini.

“Kerja dari rumah ini tidak menghalangi kita bekerja, sebab Work From Home yang dikeluarkan oleh surat edaran Kementerian pendayagunaan Aparatur Sipil Negara sampai 13 Mei 2020. Sudah hampir dua bulan, sebab SK itu setahu kami dari tanggal 17 Maret 2020 jadi kita sudah mendekati dua bulan kerja di rumah tetapi tentunya tidak akan membatasi kinerja kita sebagai aparat pemerintah untuk melayani masyarakat apalagi tentunya sebagai pemerintah dan gugus tugas Covid-19 ini tidak menghalangi kita untuk mengabdi untuk memberikan keselamatan bagi seluruh warga masyarakat di Kota Tomohon,” ucapnya.

“Banyak selamat tentunya kepada seluruh jajaran pemerintah Kota Tomohon yang bisa meraih WTP yang ke Tujuh kali berturut-turut. Kita percaya seperti dalam khotbah Pdt Arthur tadi bahwa semua karena anugerahnya berkatnya, semua berkat dari Tuhan yang telah dilimpahkan bagi kita semua sehingga kita bisa secara berturut-turut memperoleh WTP,” ujarnya.

Baca Juga:  Bupati VAP Lakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja dan Sasaran Kerja Seluruh SKPD Minut

Eman menyampaikan tentang Covid-19 intinya di Kota Tomohon terkait penamaan zona merah. Menurutnya tidak ada dalam Kementerian Kesehatan tapi penamaan zona merah ini mau mengatakan bahwa di Kota Tomohon ini telah terjadi transmisi lokal.

“Transmisi lokal artinya telah terjadi penularan antar sesama warga masyarakat yang ada di Kota Tomohon. Kalau pemahaman yang lalu bahwa virus corona ini datang di bawah dari luar tapi karena dia dianggap penamaan zona merah ini karena virus ini dari masyarakat Kota Tomohon yang belum melakukan perjalanan dari luar kemudian menularkan kepada sesama warga masyarakat yang ada di Kota Tomohon sehingga penamaan ini dalam tanda petik kita berharap seluruh kesatuan gugus tugas juga pemerintah dan masyarakat di Kota Tomohon agar lebih mewaspadai, agar lebih memperhatikan mana kira-kira yang daerah sebaran atau di sebut cluster yang menjadi perhatian untuk kita cegah penularannya untuk covid-19,” tukasnya.

Katanya lagi, walaupun dalam data-data dari gugus tugas Covid-19, patut bersukacita bahwa telah terjadi kesembuhan lima pasien positif dari tujuh.

“Ini suatu prestasi dan saya percaya ini semua kerja keras tapi juga doa dari kita semua, kerja keras dari lini-lini medis yang secara luar biasa kerja siang dan malam sehingga dari tujuh yang dianggap positif dari hasil swap, ada lima yang telah sembuh.satu sementara dirawat di Manado dan satu meninggal. Ada juga pasien dalam pengawasan yang berangsur sembuh, ini suatu hal yang merupakan berita yang positif dari PDP dan dinyatakan sembuh bahkan PDP dinyatakan sembuh,” pungkasnya.

Yunita Rotikan

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
6314 votes

This will close in 10 seconds