Pineleng Raya Tingkatkan Kewaspadaan, Posko Siaga Diperketat

TONDANO, MANADONEWS.CO.ID – Menyusul ditetapkannya lima (5) warga Minahasa sebagai terkonfirmasi positif Covid-19 oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara, dilanjutkan dengan keterangan pers Gugus Tugas Kabupaten Minahasa, PemerintahDesa se- Pineleng Raya meningkatkan kewaspadaan wilayah.

Sikap itu diambil mengingat, pertama wilayah ini berada pada jalur transportasi utama Manado – Tomohon, kedua tingkat mobilisasi warga dari luar yang berkunjung ke wialayah ini terbilang tinggi.

Terpantau Selasa (12/5), sejak pagi hingga malam para petugas Posko Siaga Covid-19 Bersama Pineleng Raya yang berada di jalan desa dan merupakan perbatasan Desa Pineleng Satu dan Pineleng Dua kian intens melakukan filterisasi terhadap setiap tamu yang masuk.

Hukum Tua Desa Pineleng Satu Benyamin Korinus yang terlihat stand by di Posko Siaga mengungkapkan, penggunaan portal bukan untuk melarang orag dariluar masuk ke Pineleng Raya, namun sebagai penanda bahwa siapapun yang datang harus diperiksa.

“Pemeriksaan menyangkut identitas, mau ke rumah siapa dan keperluan apa,” tukas Korinus.

Baca Juga:  Meski Pilkada Ditunda, 'Calon Kepala Daerah tetap Sosialisasi'

Hal penting lain yang menjadi fokus perhatian, kata Korinus, yakni setiap tamu dari luar wajib membawa surat keterangan sehat/bebas Covid-19.

“Kemudian setiap tamu dari luar wajib memakai masker,” tandasnya.

Terkait masker, lanjutnya, berlaku juga untuk warga Pineleng Raya yang beraktifitas di luar rumah.

“Jadi bukan hanya yang dari luar, tapi warga di sini pun jika berada di luar rumah diwajibkan memakai masker. Jika tidak, akan disuruh balik ke rumah,” tegasnya.

Imbuhnya, semua Posko Siaga tidak mengganggu arus trasportasi di jalan protokol karena berada di dalam desa yakni di jalan sesudah masuk dari jalan protokol.

Yunita