Data Kasus Covid-19 Kota Tomohon Ungkap Transmisi Lokal Masih Berjalan

SIARAN PERS 1 JUNI 2020

TOMOHON – Sebelumnya disampaikan, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tomohon, tercatat 27 orang (ketambahan 2).

“Ini menjadi peringatan gai seluruh masyarakat untuk kian meningkatkan kewaspadaan dan tetap patuh mengikuti Himbauan pemerintah, maklumat Kapolri dan maklumat Wali Kota Tomohon,” tutur Juru Bbicara Gugus Tugas Kota Tomohon Yely Potuh, dalam siaran pers hari ini, Sein (1/6).

Sejumlah masih terus ditelusuri mengingat para pasien bukan pelaku perjalanan.

“Itu artinya, kita punya kasus individu (individual case) yang sudah tergantung lagi pada import case. Inilah yang Gugus Tugas maksudkan dengan sudah ada transmisi lokasl di daerah kita dan masih tetap berjalan,” ujarnya..

UNTUK ITU, JANGAN LAGI ADA YANG MASIH MENGANGGAP REMEH SERTA ACUH TAK ACUH TERHADAP HIMBAUAN PEMERINTAH. ADA YANG MERASA SUDAH TIDAK PERLU LAGI MENGHINDARI KERUMUNAN, ADA YANG MERASA SUDAH TIDAK PENTING LAGI STAY AT HOME, MENGABAIKAN PAKAI MASKER, DAN TIDAK RAJIN MENCUCI TANGAN PAKAI SABUN DI AIR MENGALIR. ADA YANG MERASA SUDAH TIDAK PERLU LAGI MEMATUHI SEGALA KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM HAL PEMBATASAN-PEMBATASAN DAN PEMBERLAKUAN PROTOKOL KESEHATAN. SAAT INI JUSTRU MARI KITA LEBIH SEMANGAT UNTUK LEBIH TAAT, LEBIH PATUH, DAN LEBIH PEDULI DEMI MEMUTUS MATA RANTAI PENYEBARAN COVID-19 UNTUK KESELAMATAN JIWA KITA, KELUARGA KITA, DAN BANYAK ORANG.

2. SEPERTI SEBELUMNYA, GUGUS TUGAS AKAN MELAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN TERHADAP RUMAH DAN LINGKUNGAN SEKITAR RUMAH DARI PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF YANG BARU, BERKOORDINASI DENGAN PEMERINTAH SETEMPAT.

3. HARI INI GUGUS TUGAS JUGA MENYAMPAIKAN KABAR BAIK DIMANA BERTAMBAH LAGI PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI KOTA TOMOHON YANG SUDAH DINYATAKAN SEMBUH DAN TELAH KELUAR RUMAH SAKIT.

DENGAN DEMIKIAN SAMPAI HARI INI SUDAH 8 ORANG PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG DINYATAKAN SEMBUH DI KOTA TOMOHON.

MELIHAT HAL INI, KEMBALI SELURUH MASYARAKAT DIEDUKASI BAHWA COVID-19 BISA DISEMBUHKAN. MARI KITA TETAP OPTIMIS, TETAP SEMANGAT, BERJUANG BERSAMA, SAMBIL TETAP PATUH DAN TAAT PADA HIMBAUAN PEMERINTAH DAN PROTOKOL KESEHATAN YANG ADA.

4. KABAR BAIK LAINNYA ADALAH TERUS BERTAMBAHNYA JUMLAH PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) YANG HASIL SWAB TEST-NYA NEGATIF (BUKAN COVID-19) SEHINGGA DIKATEGORIKAN BUKAN LAGI PDP, BAIK YANG MASIH DIRAWAT MAUPUN YANG SUDAH MENINGGAL DUNIA.

5. TENTUNYA DISAMPAIKAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN YANG SETINGGI- TINGGINYA KEPADA SEMUA TENAGA MEDIS ATAS SEGALA DEDIKASI YANG DIBERIKAN DALAM MERAWAT DAN MENDAMPINGI SEMUA PASIEN COVID-19. UCAPAN TERIMA KASIH JUGA DISAMPAIKAN KEPADA SELURUH MASYARAKAT YANG TERUS MENOPANG DAN MEMBERIKAN DUKUNGAN SEMANGAT, TIDAK MEMBERI STIGMA NEGATIF KEPADA PASIEN SEHINGGA BOLEH SEMBUH.

Baca Juga:  ROR Bakal Sapa Warga Minahasa di Oarai

SELANJUTNYA, STATUS TERKINI PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) DI KOTA TOMOHON ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

I. PELAKU PERJALANAN (PP) : 1411 ORANG (SEBELUMNYA 1411 ORANG / TETAP)

II. ORANG DALAM PEMANTAUAN (ODP) : 59 ORANG (SEBELUMNYA 56 ORANG / BERTAMBAH 3 ORANG)

III. PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) PDP YANG SEMENTARA DIRAWAT (POIN III.A) BERKURANG 1 ORANG, KARENA PADA KEMARIN HARI SUDAH DITERIMA HASIL PEMERIKSAAN 2 KALI SWAB TESTNEGATIF (BUKAN COVID-19) DAN PASIEN SUDAH KELUAR RUMAH SAKIT, SEHINGGA DIPINDAHKAN KE POIN IV.B (BUKAN PDP), YAITU : PASIEN PEREMPUAN (67 TAHUN), DARI KEC. TOMOHON SELATAN, YANG SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON. PDP YANG SEMENTARA DIRAWAT (POIN III.A) BERTAMBAH 4 ORANG PASIEN BARU, YAITU : (1) PASIEN LAKI-LAKI (64 TAHUN), DARI KEC. TOMOHON SELATAN. PASIEN DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON SEJAK HARI SABTU TANGGAL 30 MEI 2020. HASIL PEMERIKSAAN SWAB TEST SEDANG DITUNGGU. (2) PASIEN LAKI-LAKI (73 TAHUN), DARI KEC. TOMOHON UTARA. PASIEN DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON SEJAK HARI SABTU TANGGAL 30 MEI 2020. HASIL PEMERIKSAAN SWAB TEST SEDANG DITUNGGU. (3) PASIEN LAKI-LAKI (30 TAHUN), DARI KEC. TOMOHON TENGAH. PASIEN DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON SEJAK HARI SABTU TANGGAL 30 MEI 2020. HASIL PEMERIKSAAN SWAB TEST SEDANG DITUNGGU. (4) PASIEN LAKI-LAKI (28 TAHUN), DARI KEC. TOMOHON TENGAH. PASIEN DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON SEJAK HARI MINGGU TANGGAL 31 MEI 2020. HASIL PEMERIKSAAN SWAB TEST SEDANG DITUNGGU. DENGAN DEMIKIAN, TOTAL JUMLAH PDP SAMPAI HARI INI TERCATAT 22 ORANG (SEBELUMNYA 19 ORANG), DENGAN RINCIAN SEBAGAI BERIKUT: III.A PASIEN SEMENTARA DIRAWAT : 18 ORANG (SEBELUMNYA 15 ORANG / BERKURANG 1 ORANG NAMUN BERTAMBAH 4 ORANG PASIEN BARU) SEBARAN : 4 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 4 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 7 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.1 ORANG DIRAWAT DI RSUP PROF. KANDOU MANADO, 3 ORANG DIRAWAT DI TIGA RUMAH SAKIT LAINNYA DI MANADO, 2 ORANG DIRAWAT DI RSUD ANUGERAH TOMOHON, 12 ORANG DIRAWAT DI DUA RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON.

Baca Juga:  9 Tahun Kabupaten Sitaro, Wagub Sampaikan Apresiasi Kepada Pemerintah dan Masyarakat

III.B PDP MENINGGAL DUNIA MENUNGGU HASIL PEMERIKSAAN SWAB TEST :  4 ORANG (SEBELUMNYA 4 ORANG / TETAP) SEBARAN : 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 3 ORANG DARI KEC.  TOMOHON SELATAN.

IV. BUKAN PDP PASIEN KELUAR RUMAH SAKIT DENGAN HASIL PEMERIKSAAN DUA KALI SWAB  TEST NEGATIF / BUKAN COVID-19 (POIN IV. BERTAMBAH 1 ORANG (PINDAH DARI  POIN III.A), YAITU : PASIEN PEREMPUAN (67 TAHUN), DARI KEC. TOMOHON SELATAN, YANG  SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON DENGAN STATUS PDP. DENGAN DEMIKIAN, TOTAL JUMLAH PASIEN BUKAN PDP SAMPAI HARI INI  TERCATAT 39 ORANG (SEBELUMNYA 38 ORANG), DENGAN RINCIAN SEBAGAI  BERIKUT :

IV.A PASIEN SEMULA PDP NAMUN MENINGGAL DUNIA BUKAN COVID-19  KARENA HASIL SWAB TEST NEGATIF : 16 ORANG (SEBELUMNYA 16 ORANG / TETAP) SEBARAN : 5 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI KEC.  TOMOHON TIMUR, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH,  1 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 7 ORANG DARI KEC.  TOMOHON SELATAN.

IV.B PASIEN KELUAR RUMAH SAKIT DENGAN HASIL PEMERIKSAAN DUA KALI  SWAB TEST NEGATIF (BUKAN COVID-19) : 17 ORANG (SEBELUMNYA 16 ORANG / BERTAMBAH 1 ORANG) SEBARAN : 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 5 ORANG DARI KEC.  TOMOHON TENGAH, 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT,  8 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

IV.C TIDAK TERMASUK KRITERIA PDP : 6 ORANG  (SEBELUMNYA 6 ORANG / TETAP) SEBARAN : 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI KEC.  TOMOHON TIMUR, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH,  1 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 1 ORANG DARI KEC.  TOMOHON SELATAN.

V. PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 GUGUS TUGAS COVID-19 PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI UTARA TELAH  MENGUMUMKAN PADA KEMARIN HARI, MINGGU TANGGAL 31 MEI 2020, BAHWA  PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI KOTA TOMOHON BERTAMBAH  2 ORANG PASIEN BARU, YAITU : (1) PASIEN LAKI-LAKI (30 TAHUN), DARI KEC. TOMOHON SELATAN. STATUS  PASIEN ADALAH KONTAK ERAT RESIKO TINGGI DENGAN PASIEN  TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG SUDAH PERNAH DIUMUMKAN  SEBELUMNYA. SAAT INI PASIEN SEMENTARA DIRAWAT DI RUANG ISOLASI  RSUD ANUGERAH TOMOHON. (2) PASIEN LAKI-LAKI (28 TAHUN), DARI KEC. TOMOHON SELATAN. STATUS  PASIEN ADALAH KONTAK ERAT RESIKO TINGGI DENGAN PASIEN  TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG SUDAH PERNAH DIUMUMKAN  SEBELUMNYA. SAAT INI PASIEN SEMENTARA DIRAWAT DI RUANG ISOLASI  RSUD ANUGERAH TOMOHON. PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG DINYATAKAN SEMBUH (POIN  V. BERTAMBAH 1 ORANG KARENA PADA KEMARIN HARI SUDAH DITERIMA HASIL PEMERIKSAAN DUA KALI SWAB TEST NEGATIF (BUKAN COVID-19), YAITU : PASIEN LAKI-LAKI (26 TAHUN), DARI KEC. TOMOHON TENGAH, YANG  SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI MANADO (PINDAH DARI POIN V.A

Baca Juga:  Komitmen Penyelamatan Danau Tondano, GM PLN Suluttenggo Temui Bupati Minahasa

DENGAN DEMIKIAN, TOTAL JUMLAH PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI KOTA TOMOHON TERCATAT 27 ORANG (SEBELUMNYA 25 ORANG), DENGAN RINCIAN SEBAGAI BERIKUT : V.A SEMENTARA DIRAWAT : 16 ORANG (SEBELUMNYA 15 ORANG / BERTAMBAH 2 ORANG NAMUN BERKURANG 1 ORANG) SEBARAN : 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 4 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 10 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. 9 ORANG DIRAWAT DI RSUD ANUGERAH TOMOHON, 4 ORANG DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON, 3 ORANG DIRAWAT DI DUA RUMAH SAKIT DI MANADO. V.B DINYATAKAN SEMBUH : 8 ORANG (SEBELUMNYA 7 ORANG / BERTAMBAH 1 ORANG) SEBARAN : 4 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 4 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. V.C MENINGGAL DUNIA : 3 ORANG (SEBELUMNYA 3 ORANG / TETAP) SEBARAN : 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

VI. SELESAI DIPANTAU DAN DINYATAKAN SEHAT : 1361 ORANG (SEBELUMNYA 1360 ORANG / BERTAMBAH 1 ORANG)

VII. TRACKING SUDAH DILAKUKAN TERHADAP 979 ORANG (SEBELUMNYA 979 ORANG / TETAP)

VIII. HASIL PEMERIKSAAN RAPID TEST REAKTIF BERTAMBAH 1 ORANG, DARI KEC. TOMOHON TENGAH.

DENGAN DEMIKIAN, TOTAL JUMLAH HASIL PEMERIKSAAN RAPID TEST REAKTIF SAMPAI HARI INI TERCATAT 54 ORANG, DENGAN SEBARAN : 8 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 18 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 25 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. DARI KE–54 ORANG INI, 2 ORANG MENINGGAL DUNIA DENGAN HASIL PEMERIKSAAN SWAB TEST NEGATIF (BUKAN COVID-19), 14 ORANG DENGAN HASIL PEMERIKSAAN SWAB TEST NEGATIF (BUKAN COVID-19) DUA KALI BERTURUT, 7 ORANG TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 (2 ORANG MENINGGAL DUNIA, 2 ORANG DINYATAKAN SEMBUH, 3 ORANG SEMENTARA DIRAWAT), DAN 31 ORANG MENUNGGU HASIL PEMERIKSAAN SWAB TEST.

DEMIKIAN SIARAN PERS HARI INI. MARI BERSAMA-SAMA KITA LAWAN DAN PUTUSKAN MATA RANTAI PENYEBARAN COVID-19 DI KOTA TOMOHON. TERIMA KASIH, SALAM SEHAT SELALU.

GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 PEMERINTAH KOTA TOMOHON