Wabendum SMSI: Jadilah Media Pancasilais

MANADO, MANADONEWS.CO.ID – Segenap bangsa Indoensia, Senin (1/6/2020) hari ini memperingati Hari Lahir Pancasila.

Upacara peringatan pagi tadi dipimpin langsung Presiden RI Ir. Joko Widodo dan diikuti oleh pejabat negara serta seluruh Kepala Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota se- Indonesia melalui live streaming dan live di TVRI pagi tadi.

Hari ini pun semua anak bangsa berbicara tengang Hari Lahr Pancasila, termasuk pemberitaan di media massa, tak terkecuali media online (media siber).

Wakil Bendahara Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat victor Rarung, SE mengutarakan, peringatan Hari Lahir Pancasila sepatutnya dijadikan momentum agi setiap insan pers, khususnya di media siber, memposisikan diri sebagai media Pancasilais.

“Pemberitaan media massa, khususnya media siber hendaklah berisikan juga nilai – nilai luhur Pancasila yang mengandung nilai KeTuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi dan keadilan sosial,” urai Rarung, Senin (1/6) pagi tadi.

Dengan memahami dan mengimplementasikan nilai – nilai Pancasila, katanya, publikasi informasi yag ditayangkan media siber akan mengedukasi publik/masyarakat tentang betapa pentingnya hidup berbangsa dan bernegara dalam semangat cinta Pancasila.

Baca Juga:  Pemkot Tomohon Ibadah Bersama jemaat Imanuel Tara-tara.

“Kepentingan itu akan menjadikan informasi publik akan tidak cenderung bermuatan SARA yang hanya memecah belah persatuan dan kesatuan sebagai bangsa,” tukasnya.

“Saya ajak kepada seluruh komponen media siber, bersama – sama bulatkan tekad dan berkata media siber cinta Indonesia, cinta Pancasila,” pungkasnya.

Fian