Hari Lingkungan Sedunia 2020, Wali Kota Bitung Resmikan Lumbung Pangan Berbasis Kelurahan dan Keluarga

BITUNG,MANADONEWS.co.id- Momentum peringatan Hari Lingkungan Sedunia tahun 2020, Wali Kota Bitung Maximilian Jonas Lomban meresmikan kebun PKK kota Bitung di Kecamatan Ranoluwu, Jumat (5/6/2020).

Momentum peringatan Hari Lingkungan Sedunia tahun 2020 kota Bitung mengusung tema “Waktu Untuk Alam” dipusatkan di Kecamatan Ranoluwu itu, merupakan hasil kerjasama Dinas Lingkungan Hidup Kota Bitung dengan Sekolah Lingkungan Kota Bitung dan TP PKK Kota Bitung di bawah pimpinan Dra.Khouni Lomban Rawung.

Wali Kota Bitung Maximilian Jonas Lomban dalam sambutannya saat itu antara lain menegaskan, memaknai peringatan hari lingkungan sedunia, jangan hanya dalam bentuk slogan atau sosialisasi yang sifatnya sesaat saja tapi perlu tindakan nyata lapangan.

“Mencintai alam dan lingkungan hidup bukan saja dalam bentuk kampanye program kerja diatas kertas saja, tapi perlu kesadaran secara individual dan seluruh komponen masyarakat. “kata Lomban sambil menegaskan kebun PKK kota Bitung ini satu aksi pelestarian lingkungan hidup.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung kepada media ini menjelaskan, gagasan lumbung pangan berbasis Kelurahan dan Keluarga di Kecamatan Ranowulu itu, merupakan satu aksi nyata dalam mengimplementasikan peringatan hari lingkungan hdup sedunia tahun 2020 ini.

Baca Juga:  Momentum Pesta Adat Tulude 2019, Walikota Lomban Gaungkan Multidestinasi Wisata Kota Bitung

“Gerakan berkebun ini cara pemerintah dan PKK Kota Bitung dalam memanfaatkan alam sambil melestarikan lingkungannya.” Kata Khouni.

Dia menambahkan, gerakan memanfaatkan alam dengan berkebun ini, merupakan satu upaya positif untuk mempersiapkan lumbung pangan bagi seluruh lapisan masyarakat.
“Diharapkan peresmian gerakan berkebun dalam rangka ketahanan pangan berbasis Kelurahan dan keluarga ini, akan menjadi modul mencintai alam sambil menjamin ketersediaan pangan.”ujar kepala sekolah lingkungan kota Bitung sambil mengapresiasi dukungan Pemkot Bitung dan pihak swasta terhadap program PKK yang berbasis kebersihan dan lingkungan hidup.

Pada peringatan hari lingkungan hidup sekaligus kebun PKK Kecamatan Ranowulu dalam rangka ketahanan Lumbung Pangan berbasis kelurahan dan keluarga itu, Pemerintah Kota Bitung memberikan Sertifikat Sekolah Adiwiyata, Penandatanganan kerjasama untuk mendukung Less Plastic City serta penyerahan sertifikat penghargaan pengelola lingkungan kepada Hotel, Perusahan dan Rumah Sakit dan gerakan menanam bersama serta pengenalan singkat soal eko enzim Ketua TP PKK Dra Khouni Lomban Rawung.( nando)