Bareng Tim Covid 19 Talaud, Kapolres Cek Kesiapan Kampung Tangguh di Desa Gemeh Wantane

TALAUD,Manadonews.co.id- Kapolres KepulauanTalaud AKBP ALAM KUSUMA S IRAWAN, SH.SIK.MH bersama Tim Penanggulangan Covid 19 Kabupaten Kepulauan talaud melaksanakan kunjungan kerjanya di Desa Gemeh Wantane Kecamatan Gemeh terkait upaya pencegahan dan penanggulangan Covid 19 di Kabupaten Kepulauan Talaud dan pengecekan kesiapan Kampung Tangguh pada sabtu,13/6/2020.

Saat tiba di Desa Gemeh Wantane disambut secara adat oleh pemerintah setempat, Kapolres Kepulauan Talaud saat menyampaikan sambutannya mengatakan, bahwa Pada beberapa bulan yang lalu kita telah melewati masa Pandemi Covid -19 dimana kita telah melakukan Isolasi mandiri yang berdampak pada segi Ekonomi masyarakat mengalami kekurangan pendapatan akibat pembatasan sosial (Social Distanching.

“Maka saat ini pemerintah mengambil suatu kebijakan tatanan hidup baru yaitu New Normal, masyarakat sudah dapat beraktifitas seperti biasa dengan mengutamakan protokol kesehatan dimana sebelum ada pandemi Covid -19  kita bebas beraktifitas tanpa mengunakan masker namun sekarang ini memasuki tatanan hidup baru New Normal kita di wajibkan mengunakan masker apabila melakukan aktifitas di luar rumah, wajib mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas,” terang Kapolres.

Baca Juga:  Peduli Warga Terdampak Covid 19, Kapolres Talaud Door to door Beri Bantuan

Lanjutnya lagi, Dalam kunjungannya di desa gemeh wantane dalam rangka mempersiapkan desa gemeh wantane untuk menjadi desa / kampung siap tangguh. Bahwa Program desa / kampung tanggu adalah program pemerintah pusat dalam rangka menghadapi Pandemi Covid -19 yang dalam pelaksanaannya Polri  bekerja sama dengan unsur pika kecamatan dalam mempersiapkan desa/ kampung tangguh.

“Fokus utama desa/kampung tanggu Yakni  bidang kesehatan jasmani dan rohani ( ketersediaan Puskesmas, meminimalisir penyebaran Covid -19, Tangguh dalam bidang sosial ekonomi (tersedia usaha kecil menegah, koperasi nelayan dll), Tanggu dalam bidang keamanan (tidak adanya permasalahan yang terjadi di masyarakat),Tanggu dalam bidang informasi,” jelas Kapolres melalui penjelasan secara teknis oleh Kasat Binmas Iptu Jacobus Melale.

Dalam kesempatan ini juga Kapolres Kepulauan Talaud   meninjau lokasi kebun warga yang siap menunjang program desa /kampung tangguh

“Pelaksanaan Lounching desa/kampung tanggu di Desa gemeh wantane   akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2020 Hut Bhayangkara,” ucap Kapolres.

Turut hadir dalam kegiatan Kasat Binmas Res Kepl Talaud IPTU Yakobus Melale, SH.MM, Kasat Intelkan Res Kepl Talaud IPDA I MADE ARTHA ARIANA, S.Tr.K,Kadis Dikpora Kab Kepl Talaud Drs. Adrianson.a.m Taarega, BPBD Kab Kepl Talaud Barto Maengga, Camat Gemeh MARLIN ATANG, SIO,Kapolsek Gemeh IPDA Glenn.c.damar, S.Th.SH, Danramil Essang PELDA Iwan Tembo,Kades Gemeh Kebangkitan Lambek,Kades Gemeh Wantane Jefri Bawinti, Perangkat Desa dan Relawan gugus tugas desa gemeh serta gemeh wantane.
(Jelo)

Baca Juga:  Polres Kepulauan Talaud Intens Lakukan Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19