Pasien Positif Sembuh di Kota Tomohon Bertambah 1 Orang

SIARAN PERS 13 JUNI 2020

TOMOHON – SALAM SEHAT SELALU!. BEBERAPA INFORMASI GUGUS TUGAS HARI INI ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

1. PUJI DAN SYUKUR KE HADIRAT TUHAN YANG MAHA KUASA, KARENA SELANG DUA HARI INI DI ANTARA SEKIAN BANYAKNYA PERTAMBAHAN JUMLAH PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI PROVINSI SULAWESI UTARA, TIDAK ADA PERTAMBAHAN KASUS BARU DI KOTA TOMOHON. MARI KITA TERUS BERDOA DAN MENDEKATKAN DIRI KEPADA TUHAN AGAR PANDEMI INI SEGERA BERLALU, DAN KOTA TOMOHON TETAP DALAM PERLINDUNGANNYA. PUJI DAN SYUKUR PATUT PULA KITA NAIKKAN KE HADIRATNYA OLEH KARENA BERTAMBAH LAGI 1 ORANG PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG DINYATAKAN SEMBUH DAN TELAH KELUAR RUMAH SAKIT. DENGAN DEMIKIAN SAMPAI HARI INI DI KOTA TOMOHON SUDAH 17 ORANG PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG SEMBUH DARI TOTAL 38 ORANG PASIEN YANG TERCATAT. OLEH KARENA ITU KEMBALI SELURUH MASYARAKAT DIEDUKASI BAHWA COVID-19 BISA SEMBUH. NAMUN DEMIKIAN, GUGUS TUGAS MENGINGATKAN BAHWA HAL INI JANGAN SAMPAI MENGURANGI KEWASPADAAN KITA SEMUA. COVID-19 MASIH TETAP ADA DAN BELUM DITEMUKAN VAKSIN-NYA HINGGA SAAT INI. BEGITU JUGA DENGAN TRANSMISI LOKAL YANG ADA DI DAERAH KITA, JUGA HARUS TETAP DIWASPADAI. MARI KITA TETAP OPTIMIS, TETAP SEMANGAT, BERJUANG BERSAMA, SAMBIL TETAP PATUH DAN TAAT PADA HIMBAUAN PEMERINTAH, SERTA TETAP DISIPLIN DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN DENGAN KETAT.

2. PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) DI KOTA TOMOHON HARI INI BERTAMBAH 4 ORANG, SEHINGGA TOTAL JUMLAH PDP TERCATAT 29 ORANG. MASYARAKAT PERLU MENGETAHUI BAHWA KRITERIA PDP DARI SEORANG PASIEN YANG DITENTUKAN BERDASARKAN DIAGNOSIS AWAL BELUM BERARTI YANG BERSANGKUTAN POSITIF COVID-19, NAMUN PASIEN TETAP DITANGANI SESUAI PROTOKOL COVID-19 SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN SEBELUM DITERIMANYA HASIL SWAB TEST SEBANYAK DUA KALI NEGATIF, ATAU HINGGA PIHAK RUMAH SAKIT MENYATAKAN PASIEN TIDAK LAGI MASUK KRITERIA PDP. KITA SELALU BERHARAP HASIL SWAB TEST PASIEN ADALAH NEGATIF (BUKAN COVID-19), NAMUN JIKA PUN HASILNYA POSITIF MAKA PASIEN SUDAH DITANGANI SESUAI PROTOKOL YANG BERLAKU.

3. DENGAN DIBERLAKUKANNYA SURAT EDARAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI NOMOR 58 TAHUN 2020 TENTANG SISTEM KERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM TATANAN NORMAL BARU, DAN UNTUK MENJAGA KEBERLANGSUNGAN PELAKSANAAN TUGAS DAN FUNGSI DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAN PELAYANAN PUBLIK DI KOTA TOMOHON PADA MASA PANDEMI COVID-19, MAKA WALIKOTA TOMOHON TELAH MENERBITKAN SURAT EDARAN NOMOR 143/WKT/VI-2020 TERTANGGAL 4 JUNI 2020 TENTANG PENYESUAIAN SISTEM KERJA APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DAN TENAGA KONTRAK DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA TOMOHON DALAM PENCEGAHAN PENYEBARAN CORONAVIRUS DISEASE 2019 (COVID-19).

Baca Juga:  Peringati Coral Triangle Day, Sekprov Sulut Lepas Lobster Bertelur Dihutan Mangrove

SELANJUTNYA, STATUS TERKINI PENYEBARAN CORONAVIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) DI KOTA TOMOHON ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

I. PELAKU PERJALANAN (PP) : 1450 ORANG (SEBELUMNYA 1445 ORANG / BERTAMBAH 5 ORANG)

II. ORANG DALAM PEMANTAUAN (ODP) : 41 ORANG (SEBELUMNYA 43 ORANG / BERKURANG 2 ORANG)

III. PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) YANG SEMENTARA DIRAWAT BERTAMBAH 4 ORANG, YAITU : (1) PASIEN LAKI-LAKI (81 TAHUN), DARI KEC. TOMOHON SELATAN, YANG SEBELUMNYA BERSTATUS ODP. PASIEN DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON SEJAK HARI SELASA TANGGAL 26 MEI 2020. HASIL SWAB TEST SEDANG DITUNGGU (MASUK POIN III.A). (2) PASIEN LAKI-LAKI (42 TAHUN), DARI KEC. TOMOHON BARAT, YANG SEBELUMNYA BERSTATUS ODP. PASIEN DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON SEJAK HARI SABTU TANGGAL 23 MEI 2020. HASIL SWAB TEST SEDANG DITUNGGU (MASUK POIN III.A). (3) PASIEN PEREMPUAN (45 TAHUN), DARI KEC. TOMOHON TIMUR, YANG DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON SEJAK HARI KAMIS TANGGAL 11 JUNI 2020. HASIL SWAB TEST SEDANG DITUNGGU (MASUK POIN III.A). (4) PASIEN LAKI-LAKI (37 TAHUN), DARI KEC. TOMOHON SELATAN, YANG DIRAWAT DI RSUD ANUGERAH TOMOHON SEJAK HARI KAMIS TANGGAL 11 JUNI 2020. HASIL SWAB TEST SEDANG DITUNGGU (MASUK POIN III.A).

DENGAN DEMIKIAN, TOTAL JUMLAH PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) SAMPAI HARI INI TERCATAT 29 ORANG (SEBELUMNYA 25 ORANG), DENGAN RINCIAN SEBAGAI BERIKUT:

III.A SEMENTARA DIRAWAT : 16 ORANG (SEBELUMNYA 12 ORANG / BERTAMBAH 4 ORANG) SEBARAN : 4 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 4 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 4 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. 2 ORANG DIRAWAT DI DUA RUMAH SAKIT DI MANADO, 2 ORANG DIRAWAT DI RSUD ANUGERAH TOMOHON, 12 ORANG DIRAWAT DI DUA RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON.

Baca Juga:  Bupati E2L Beri Wejangan Nikah Kepada Christie Parapaga

III.B MENINGGAL DUNIA MENUNGGU HASIL SWAB TEST : 9 ORANG (SEBELUMNYA 9 ORANG / TETAP) SEBARAN : 5 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

III.C KELUAR RUMAH SAKIT MENUNGGU HASIL SWAB TEST : 4 ORANG (SEBELUMNYA 4 ORANG / TETAP) SEBARAN : 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

IV. BUKAN PDP JUMLAH PASIEN BUKAN PDP SAMPAI HARI INI TIDAK ADA PERUBAHAN, TETAP SAMA DENGAN KEMARIN HARI YAITU TERCATAT 45 ORANG, DENGAN RINCIAN SEBAGAI BERIKUT : IV.A SEMULA PDP NAMUN MENINGGAL DUNIA BUKAN COVID-19 KARENA KEMUDIAN HASIL SWAB TEST NEGATIF : 16 ORANG (SEBELUMNYA 16 ORANG / TETAP) SEBARAN : 5 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 7 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. IV.B KELUAR RUMAH SAKIT DENGAN HASIL SWAB TEST DUA KALI NEGATIF (BUKAN COVID-19) : 21 ORANG (SEBELUMNYA 21 ORANG / TETAP) SEBARAN : 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 6 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 10 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. IV.C TIDAK TERMASUK KRITERIA PDP : 8 ORANG (SEBELUMNYA 8 ORANG / TETAP) SEBARAN : 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

V. TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG DINYATAKAN SEMBUH BERTAMBAH 1 ORANG, YAITU :PASIEN LAKI-LAKI (53 TAHUN), DARI KEC. TOMOHON TENGAH, YANG  SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI  TOMOHON. PASIEN ADALAH TENAGA KESEHATAN DI SALAH SATU FASILITAS  KESEHATAN DI TOMOHON (DARI POIN V.A PINDAH KE POIN V..KARENA HANYA TERJADI PERPINDAHAN INTERNAL DI POIN V, MAKA TOTAL  JUMLAH PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI KOTA TOMOHON SAMPAI  HARI INI TIDAK ADA PERUBAHAN, TETAP SAMA DENGAN KEMARIN HARI YAITU  TERCATAT 38 ORANG, DENGAN RINCIAN SEBAGAI BERIKUT :

Baca Juga:  Satu Unit Rumah di Paso Ludes dilalap Api

V.A SEMENTARA DIRAWAT : 18 ORANG (SEBELUMNYA 19 ORANG / BERKURANG 1 ORANG YANG PINDAH KE POIN V. SEBARAN : 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 5 ORANG DARI KEC.  TOMOHON TENGAH, 10 ORANG DARI KEC. TOMOHON  SELATAN. 11 ORANG DIRAWAT DI RSUD ANUGERAH TOMOHON, 5 ORANG DIRAWAT  DI DUA RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON, 2 ORANG DIRAWAT DI DUA RUMAH SAKIT DI MANADO.

V.B DINYATAKAN SEMBUH : 17 ORANG (SEBELUMNYA 16 ORANG / BERTAMBAH 1 ORANG PINDAHAN DARI POIN V.A) SEBARAN : 6 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 11 ORANG DARI KEC.  TOMOHON SELATAN.

V.C MENINGGAL DUNIA : 3 ORANG (SEBELUMNYA 3 ORANG / TETAP) SEBARAN : 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC.  TOMOHON SELATAN

VI. SELESAI PEMANTAUAN DAN DINYATAKAN SEHAT : 1400 ORANG (SEBELUMNYA 1399 ORANG / BERTAMBAH 1 ORANG)

VII. TRACKING SUDAH DILAKUKAN TERHADAP 1246 ORANG (SEBELUMNYA 1148 ORANG / BERTAMBAH 98 ORANG)

VIII. RAPID TEST REAKTIF HASIL PEMERIKSAAN RAPID TEST REAKTIF BERTAMBAH 4 ORANG, YAITU 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR DAN 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. DENGAN DEMIKIAN, TOTAL JUMLAH HASIL PEMERIKSAAN RAPID TEST REAKTIF SAMPAI HARI INI TERCATAT 73 ORANG, DENGAN SEBARAN : 13 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 7 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 20 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 30 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. 16 ORANG DENGAN HASIL SWAB TEST DUA KALI NEGATIF, 2 ORANG MENINGGAL DUNIA DENGAN HASIL SWAB TEST NEGATIF, 11 ORANG TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 (3 ORANG SEMBUH, 2 ORANG MENINGGAL DUNIA, 6 ORANG SEMENTARA DIRAWAT), DAN 44 ORANG MENUNGGU HASIL SWAB TEST.

DEMIKIAN SIARAN PERS GUGUS TUGAS HARI INI. MARI BERSAMA-SAMA KITA LAWAN DAN PUTUSKAN MATA RANTAI PENYEBARAN COVID-19 DI KOTA TOMOHON DENGAN CARA : • SELALU BERDOA DAN MENDEKATKAN DIRI KEPADA TUHAN; • MENJAGA JARAK FISIK MINIMAL 2 METER; • PAKAI MASKER JIKA HARUS KELUAR RUMAH; • RAJIN CUCI TANGAN PAKAI SABUN DI AIR MENGALIR; • TINGKATKAN IMUNITAS TUBUH; • TERAPKAN POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS).