Kapolres Kepulauan Talaud Tinjau Kesiapan Kampung Tangguh di Desa Gemeh Wantane

MANADO,MANADONEWS.co.id- Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Alam Kusuma S. Irawan, SH, SIK, MH bersama Tim Penanggulangan Covid 19 Kabupaten Kepulauan talaud melaksanakan kunjungan kerjanya di Desa Gemeh Wantane Kecamatan Gemeh, Sabtu (13/6/2020).

Adapun kunjungan tersebut terkait upaya pencegahan dan penanggulangan covid-19 di Kabupaten Kepulauan Talaud dan pengecekan kesiapan Kampung Tangguh.

Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Alam Kusuma S. Irawan, SH, SIK, MH
mengatakan, bahwa beberapa bulan ini masyarakat melewati masa Pandemi covid -19 dengan melakukan isolasi mandiri. Hal tersebut katanya berdampak pada segi ekonomi masyarakat yang mengalami kekurangan pendapatan akibat pembatasan sosial (Social Distancing).

”Maka saat ini pemerintah mengambil suatu kebijakan tatanan hidup baru yaitu New Normal, masyarakat sudah dapat beraktifitas seperti biasa dengan mengutamakan protokol kesehatan yakni diwajibkan memakai masker dan cuci tangan serta hindari kerumunan atau jaga jarak.”ujar Irawan sambil meminta agar dalam memasuki masa peralihan New Normal warga tetap disiplin dan ikuti anjuran pemerintah.

Dia menambahkan, kunjungan tersebut Kunjungan ke Desa Gemeh Wantane juga dalam rangka mempersiapkan desa tersebut untuk menjadi desa/kampung siap tangguh.

Baca Juga:  Bupati Perempuan Daerah Perbatasan Ini Pun Naik Perahu

Dalam kesempatan itu, Kapolres Kepulauan Talaud saat meninjau lokasi kebun warga yang siap menunjang program desa/kampung tangguh

“Program desa/kampung tangguh adalah program pemerintah pusat yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa dalam rangka menghadapi Pandemi Covid -19 yang pelaksanaannya Polri bekerja sama dengan unsur Pimpinan kecamatan dalam mempersiapkan desa/kampung tangguh.”tandasnya sambil menambahkan pelaksanaan launching desa/kampung tangguh di Desa Gemeh Wantane direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2020, pada saat HUT puncak HUT Bhayangkara ke-74.

Sementara itu Kasat Binmas Iptu Jacobus Melale menjelaskan, bahwa fokus utama desa/kampung tangguh yakni bidang kesehatan jasmani dan rohani (ketersediaan Puskesmas, meminimalisir penyebaran Covid -19, tangguh dalam bidang sosial ekonomi (tersedia usaha kecil menegah, koperasi nelayan), tangguh dalam bidang keamanan (tidak adanya permasalahan yang terjadi di masyarakat) dan tangguh dalam bidang informasi.

Adapun pejabat yang turut hadir saat itu, Kadis Dikpora Talaud Drs. Adrianson. A.M Taarega, BPBD Talaud Barto Maengga, Camat Gemeh Marlin Atang, Kapolsek Gemeh, Danramil Essang Pelda Iwan Tembo, Kades Gemeh Kebangkitan Lambek, Kades Gemeh Wantane Jefri Bawinti, Perangkat Desa dan Relawan Gugus Tugas Desa Gemeh serta Gemeh Wantane.(humas/nando)

Baca Juga:  Aktivitas Pelabuhan Melonguane Mulai Ramai