Curhat Kepada Komisi I Dekot, Owner Mantos Tuding Pemkot “Pilih Kasih” Soal Ijin Operasional Mal

MANADO,MANADONEWS.co.id- Direktur Operasional Owner Manado Town Sguare (Mantos) Rudy Wijaya mendesak Pemerintah Kota segera memikirkan dan memberikan terhadap kondisi pekerja Mal yang telah kurang lebih 3 bulan dirumahkan akibat penutupan operasional Mal karena Covid-19.

“Saya mempertanyakan ada apa dengan pemerintah kota Manado yang hingga saat ini belum ada kepastian untuk operasional sejumlah Mal di Manado.”kata Rudy saat menghadiri undangan Hearing dengan Komisi I DPRD Kota Manado, Senin (15/6/2020).

Dia menjelaskan, saat ini sejumlah tenant nasional dan internasional mempertanyakan kapan Mantos di buka atau operasi kembali.

“Saya contohkan kata Rudy, Tenant Matahari di seluruh Indonesia termasuk kawasan Timur Indonesia telah buka, tiga tenant di kota Manado hingga saat ini dilarang beroperasi dan belum ada kepastian kapan beroperasi.”kata Rudy.

Rudy menegaskan, mencermati kondisi saat ini ada ketidakadilan dimana disatu sisi Mantos dan Mal lain ditutup, sementara untuk jenis jualan lain diluar Mal diberikan ijin operasional seperti restoran dan pedagang peralatan musik yang juga ada di jual di Mal.

Baca Juga:  Polres Tomohon Gelar Upacara HUT Bhayangkara Ke 73

“Kami tidak berkeinginan melawan regulasi terkait Covid-19, tapi yang kami sampaikan ini adalah memperjuangkan nasib ribuan pekerja Mal yang terdampak langsung Covid-19 yang hingga saat ini tidak ada kepastian .”ujar Rudy.

Rudy menegaskan, yang lebih mengherankan dan membuktikan bahwa ada ketidakadilan oleh Pemerintah Kota Manado adalah pemberian ijin operasi Trans Mart untuk beroperasi kembali, sementara Mal yang lain belum ada kejelasan.

“Kami heran dan mempertanyakan, kenapa yang lain bisa beroperasi kami tidak diberi ijin, padahal selama ini kami mendukung penuh kebijakan pemerintah kota Manado yang pro investasi.”tandas Rudy sambil berharap DPRD Kota Manado melihat kondisi ribuan pekerja Mal yang mengalami persoalan ekonomi sebagai dampak Covid-19.

Sementara itu, ketua Komisi I DPRD Kota Manado Benny Parasan pada kesempatan itu menegaskan, sangat memahami kondisi pengusaha dan pekerja Mal yang selama ini ditutup karena Covid-19, untuk itu kata dia aspirasi yang disampaikan dalam hearing ini, akan dirapatkan internal Komisi I yang kemudian memberikan rekomendasi kepada pemerintah Kota Manado.

Baca Juga:  Polres Minahasa Amankan Pawai Takbiran

“Seperti kota lain di Indonesia, saya mendukung penuh upaya pengelola agar Mal di Manado segera beroperasi normal.”tandas Parasan sambil berharap agar pihak pengelola mempersiapkan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Adapun kegiatan hearing ini Komisi I telah mengundang Sekretaris Kota Manado, Asisten I,II dan III serta mitra SKPD terkait termasuk Kasat Pol PP Kota Manado.Namun yang hadir saat itu hanya seorang pejabat mewakili Kabag Hukum.

Sementara rapat dengar pendapat itu dipimpin oleh Sekretaris Komisi I Bobby Daud dihadiri anggota masing-masing Jeane Laluyan, Meikel Stif Maringka,SH dan
Lukresia Cristy V.Masengie,SH serta para perwakilan Mal dan restoran di Kota Manado (nando)