Wali Kota Jimmy Eman Serahkan Santunan Duka ke 24 Ahli Waris

TOMOHON, MANANDONEWS.CO.ID – Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.AK.CA menyerahkan 24 Santunan Duka dalam bentuk tabungan kepada para ahli waris dari para pasien yang meninggal dan dimakamkan sesuai protokol Covid-19, Rabu (17/6), bertempat di Anugerah Hall.

Dalam sambutannya Wali kota mengatakan Pemerintah Kota Tomohon berencana membuat laboratorium di Kota Tomohon.

“Ini dilakukan agar supaya sample lebih cepat diidentifikasi untuk mempercepat penanganan pasien. Saat ini kita sedang menunggu rekomendasi dari Dinas Kesehatan Provinsi,” kata Eman.

Lanjutnya, saat ini Pemkot Tomohon memiliki alat yang namanya Mikroskop Elekton, yakni sebuah mikroskop yang mampu untuk melakukan pembesaran objek sampai 2 juta kali.

Dalam proses pemberian santunan duka berdasarkan Peraturan Walikota Tomohon nomor 3 tahun 2019 tentang pedoman pemberian santunan duka bagi masyarakat Kota Tomohon yang bertujuan untuk membantu meringankan beban keluarga yang ditimpa duka cita atau anggota keluarganya meninggal dunia, dimana santunan duka ini untuk membantu biaya pemakaman atau kremasi.

Pemberian santunan duka yang meninggal dunia dalam status pasien dalam pengawasan (PDP) atau pasien konfirmasi positif covid-19, dilaksanakan sesuai SK Walikota nomor 177 tahun 2020 tentang pemberian santunan duka kepada masyarakat yang terdampak covid-19.

Baca Juga:  Legislator Sulut Desak Pemerintah Selesaikan Pembangunan Ringroad III

Sampai saat ini pasien yang di makamkan di Tomohon sampai sebanyak 26 pasien yang terdiri dari 24 warga Tomohon, 1 warga Manado, 1 warga Minahasa.

Penyerahan santunan duka diserahkan Wali Kota setelah para ahli waris menyerahkan beberapa hal yang harus disiapkan terkait persyaratan pemberian santunan duka.

“Semoga santunan duka ini bermanfaat dan dapat membantu meringankan beban keluarga-keluarga ahli waris” kata Walikota.

Penyerahan santunan duka ini menerapkan protokol kesehatan guna mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Guna mendukung Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tomohon. Eman mengharapkan agar seluruh komponen masyarakat Tomohon agar selalu disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Turut hadir Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy J. Sundah, SE, mewakili Kapolres Tomohon Iptu Kreysen, mewakili Kajari Tomohon Yosi Korompis, SH, mewakili Ketua PN Tondano Deivid Losu, SH, mewakili Dandim 1302 Minahasa Kap. Inf. Dony Lumintang, Pimpinan Bank Sulut Go Tomohon Romel Paat, BAMAG dan Presidium BKSAUA, dan Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, MSc.

Baca Juga:  Anggota DPR RI Ini Ingatkan Wacana Pendidikan Online oleh Mendikbud Perlu Banyak Pertimbangan

Yunita Rotikan