Bertambah 6, Total Positif Covid-19 Kota Tomohon Tercatat 47 Kasus

SIARAN PERS, SABTU 20 JUNI 2020: GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 PEMERINTAH KOTA TOMOHON

TOMOHON – SALAM SEHAT SELALU. STATUS TERKINI PENYEBARAN CORONAVIRUS DISEASE 2019  (COVID-19) DI KOTA TOMOHON ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

I. PELAKU PERJALANAN (PP) : 1505 ORANG (SEBELUMNYA 1505 ORANG / TETAP)

II. ORANG DALAM PEMANTAUAN (ODP) : 43 ORANG (SEBELUMNYA 43 ORANG / TETAP)

III. PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) PDP YANG SEMENTARA DIRAWAT (POIN III.A) BERKURANG 3 ORANG YANG  TELAH KELUAR RUMAH SAKIT DENGAN HASIL SWAB TEST DUA KALI NEGATIF  (BUKAN COVID-19) SEHINGGA DIKATEGORIKAN BUKAN LAGI PDP (PINDAH KE POIN  IV., YAITU : (1) PASIEN LAKI-LAKI (81 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON SELATAN, YANG  SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON. (2) PASIEN LAKI-LAKI (64 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON SELATAN, YANG  SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI  TOMOHON. (3) PASIEN LAKI-LAKI (42 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON BARAT, YANG  SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI  TOMOHON.

PDP MENINGGAL DUNIA MENUNGGU HASIL SWAB TEST (POIN III. BERTAMBAH  1 ORANG, YAITU : PASIEN LAKI-LAKI (59 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON SELATAN, YANG MASUK RUMAH SAKIT PADA HARI KAMIS TANGGAL 18 JUNI 2020 DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON, DAN TELAH MENINGGAL DUNIA PADA KEMARIN HARI, JUMAT TANGGAL 19 JUNI 2020 SEKITAR PUKUL 03.45 WITA DINIHARI.

DENGAN DEMIKIAN, TOTAL JUMLAH PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) SAMPAI HARI INI TERCATAT 19 ORANG (SEBELUMNYA 21 ORANG), DENGAN RINCIAN SEBAGAI BERIKUT:

III.A PDP SEMENTARA DIRAWAT : 10 ORANG (SEBELUMNYA 13 ORANG / BERKURANG 3 ORANG) SEBARAN : 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. 1 ORANG DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT DI MANADO, 1 ORANG DIRAWAT DI RSUD ANUGERAH TOMOHON, 8 ORANG DIRAWAT DI DUA RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON.

III.B PDP MENINGGAL DUNIA MENUNGGU HASIL SWAB TEST : 6 ORANG (SEBELUMNYA 5 ORANG / BERTAMBAH 1 ORANG) SEBARAN : 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

Baca Juga:  Panglima TNI : Program Kerja Mabes TNI Prioritaskan Modernisasi Alutsista dan Kekuatan Integratif

III.C PDP KELUAR RUMAH SAKIT MENUNGGU HASIL SWAB TEST : 3 ORANG (SEBELUMNYA 3 ORANG / TETAP) SEBARAN : 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

IV. BUKAN PDP PASIEN KELUAR RUMAH SAKIT DENGAN HASIL SWAB TEST DUA KALI NEGATIF /  BUKAN COVID-19 (POIN IV. BERTAMBAH 3 ORANG (PINDAHAN DARI POIN III.A), YAITU : (1) PASIEN LAKI-LAKI (81 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON SELATAN, YANG  SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON DENGAN STATUS PDP. (2) PASIEN LAKI-LAKI (64 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON SELATAN, YANG  SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON DENGAN STATUS PDP. (3) PASIEN LAKI-LAKI (42 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON BARAT, YANG  SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON DENGAN STATUS PDP.

DENGAN DEMIKIAN, TOTAL JUMLAH PASIEN BUKAN PDP SAMPAI HARI INI  TERCATAT 59 ORANG (SEBELUMNYA 56 ORANG), DENGAN RINCIAN SEBAGAI  BERIKUT:

IV.A PASIEN SEMULA PDP NAMUN MENINGGAL DUNIA BUKAN COVID-19  KARENA KEMUDIAN HASIL SWAB TEST NEGATIF : 20 ORANG (SEBELUMNYA 20 ORANG / TETAP) SEBARAN : 7 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI KEC.  TOMOHON TIMUR, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH,  1 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 9 ORANG DARI KEC.  TOMOHON SELATAN.

IV.B PASIEN KELUAR RUMAH SAKIT DENGAN HASIL SWAB TEST DUA  KALI NEGATIF (BUKAN COVID-19) : 31 ORANG (SEBELUMNYA 28 ORANG  BERTAMBAH 3 ORANG) SEBARAN : 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 2 ORANG DARI KEC.  TOMOHON TIMUR, 8 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH,  4 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 15 ORANG DARI KEC.  TOMOHON SELATAN. IV.C TIDAK TERMASUK KRITERIA PDP : 8 ORANG (SEBELUMNYA 8 ORANG / TETAP) SEBARAN : 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

V. TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 GUGUS TUGAS COVID-19 PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI UTARA TELAH MENGINFORMASIKAN PADA KEMARIN HARI, JUMAT TANGGAL 19 JUNI 2020, BAHWA PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI KOTA TOMOHON BERTAMBAH 6 ORANG, YAITU : (1) PASIEN PEREMPUAN (65 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON UTARA, KONTAK ERAT RESIKO TINGGI DENGAN PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG SUDAH PERNAH DIRILIS SEBELUMNYA. SAAT INI PASIEN SEDANG DIRAWAT DI RUANG ISOLASI RSUD ANUGERAH TOMOHON. (2) PASIEN LAKI-LAKI (23 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON UTARA, KONTAK ERAT RESIKO TINGGI DENGAN PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG SUDAH PERNAH DIRILIS SEBELUMNYA. SAAT INI PASIEN SEDANG DIRAWAT DI RUANG ISOLASI RSUD ANUGERAH TOMOHON. (3) PASIEN PEREMPUAN (34 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON UTARA, KONTAK ERAT RESIKO TINGGI DENGAN PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG SUDAH PERNAH DIRILIS SEBELUMNYA. SAAT INI PASIEN SEDANG DIRAWAT DI RUANG ISOLASI RSUD ANUGERAH TOMOHON. (4) PASIEN LAKI-LAKI (14 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON UTARA, KONTAK ERAT RESIKO TINGGI DENGAN PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG SUDAH PERNAH DIRILIS SEBELUMNYA. SAAT INI PASIEN SEDANG DIRAWAT DI RUANG ISOLASI RSUD ANUGERAH TOMOHON. (5) PASIEN LAKI-LAKI (48 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON SELATAN, KONTAK ERAT RESIKO TINGGI DENGAN PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG SUDAH PERNAH DIRILIS SEBELUMNYA. SAAT INI PASIEN SEDANG DIRAWAT DI RUANG ISOLASI RSUD ANUGERAH TOMOHON. PASIEN PEREMPUAN (39 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON BARAT, TENAGA KESEHATAN DI TOMOHON. SAAT INI PASIEN SEDANG DIRAWAT DI  RUANG ISOLASI RSUD ANUGERAH TOMOHON. PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG DINYATAKAN SEMBUH (POIN  V.BERTAMBAH 1 ORANG (PINDAHAN DARI POIN V.A), YAITU : PASIEN LAKI-LAKI (47 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON UTARA, YANG  SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT DI MANADO. HASIL  SWAB TEST DUA KALI NEGATIF.

Baca Juga:  Jelang natal dan Tahun Baru. Polres Tomohon Imbaw Warga Jaga keamanan

DENGAN DEMIKIAN, TOTAL JUMLAH PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19  DI KOTA TOMOHON SAMPAI HARI INI TERCATAT 47 ORANG (SEBELUMNYA  41 ORANG), DENGAN RINCIAN SEBAGAI BERIKUT : V.A SEMENTARA DIRAWAT : 22 ORANG (SEBELUMNYA 17 ORANG / BERTAMBAH 6 ORANG NAMUN BERKURANG  1 ORANG) SEBARAN : 7 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 2 ORANG DARI KEC.  TOMOHON TENGAH, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT,  11 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. 18 ORANG DIRAWAT DI RSUD ANUGERAH TOMOHON, 3 ORANG DIRAWAT  DI DUA RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON, 1 ORANG DIRAWAT DI SALAH  SATU RUMAH SAKIT DI MANADO. V.B SEMBUH : 21 ORANG (SEBELUMNYA 20 ORANG / BERTAMBAH 1 ORANG) SEBARAN : 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 9 ORANG DARI KEC.  TOMOHON TENGAH, 11 ORANG DARI KEC. TOMOHON  SELATAN. V.C MENINGGAL DUNIA : 4 ORANG (SEBELUMNYA 4 ORANG / TETAP) SEBARAN : 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

VI. SELESAI PEMANTAUAN DAN DINYATAKAN SEHAT : 1415 ORANG (SEBELUMNYA 1415 ORANG / TETAP)

VII. TRACKING SUDAH DILAKUKAN TERHADAP 1548 ORANG (SEBELUMNYA 1548 ORANG / TETAP)

Baca Juga:  Demi Nama Baik Daerah, DPRD Bolmong Telusuri "Berita Acara Dinsos"

VIII. RAPID TEST REAKTIF HASIL PEMERIKSAAN RAPID TEST REAKTIF BERTAMBAH 2 ORANG, YAITU 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA DAN 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH. DENGAN DEMIKIAN, TOTAL JUMLAH HASIL PEMERIKSAAN RAPID TEST REAKTIF SAMPAI HARI INI TERCATAT 84 ORANG (SEBELUMNYA 82 ORANG). SEBARAN : 17 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 9 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 21 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 5 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 32 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. 2 ORANG MENINGGAL DUNIA DENGAN HASIL SWAB TEST NEGATIF, 20 ORANG DENGAN HASIL SWAB TEST DUA KALI NEGATIF, 12 ORANG TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 (3 ORANG SEMBUH, 2 ORANG MENINGGAL DUNIA, 7 ORANG SEMENTARA DIRAWAT), DAN 50 ORANG MENUNGGU HASIL SWAB TEST.

DEMIKIAN SIARAN PERS GUGUS TUGAS HARI INI. MARI BERSAMA-SAMA KITA LAWAN DAN PUTUSKAN MATA RANTAI PENYEBARAN COVID-19 DI KOTA TOMOHON DENGAN CARA : • SELALU BERDOA DAN MENDEKATKAN DIRI KEPADA TUHAN; • MENGHINDARI KERUMUNAN; • MENJAGA JARAK FISIK DENGAN ORANG LAIN MINIMAL 2 METER; SELALU GUNAKAN MASKER JIKA HARUS KELUAR RUMAH; • RAJIN MENCUCI TANGAN PAKAI SABUN DI AIR MENGALIR; • JANGAN MENYENTUH BAGIAN WAJAH TERUTAMA MATA, HIDUNG, DAN MULUT SEBELUM MENCUCI TANGAN; • TINGKATKAN IMUNITAS TUBUH DENGAN MAKAN MAKANAN BERGIZI, RAJIN BEROLAHRAGA, DAN ISTIRAHAT YANG CUKUP; • TERAPKAN POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS). TERIMA KASIH, SALAM SEHAT SELALU.***

Yunita Rotikan