Atlet PON Sulut Latihan Secara Daring

MANADO,Manadonews.co.id-Sejak pandemi Covid-19, atlet basket persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 tetap menjalani latihan. Meski demikian, latihan dilaksanakan secara mandiri di rumah dan harus dibuatkan video agar bisa dikirim kepada pelatih. Pengurus Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Sulawesi Utara membidangi pelatihan, Lexie Kojongian ketika dihubungi menjelaskan, untuk saat ini kesulitannya adalah belum berlatih yang serius, dan hanya dipantau melalui daring oleh para pelatih.

 “Setiap hari saya selalu berkomunikasi dengan atlet lewat WhatsApp saja, kami dikirimi materi latihan teknik dan fisik kemudian atlet melakukan dari rumah para,” ungkap Lexi Kojongian. Ia mengakui konsep latihan melalui daring memang agak kesulitan karena baru pertama kali dialami dan durasi video yang pendek serta tidak adanya pengawasan secara langsung.

 “Adanya penundaan PON tahun depan membuat persiapan latihan semakin panjang. Tetapi dibutuhkan juga perlengkapan latihan yang memadai untuk kebutuhan atlet,” katanya lagi. Meski begitu, KONI Sulut tetap menyiapkan atletnya yang lolos dengan latihan mandiri. KONI Sulawesi Utara bakal memberikan perlengkapan dan peralatan latihan mandiri kepada 120 atlet yang lolos ke PON Papua tahan depan.

Baca Juga:  Girls U26 Peringkat 1, Kids U16 Peringkat 2 Pada 3rd di World Youth Online Championship 2020

 “Perlengkapan dan peralatan sudah dipesan,” ujar Sekretaris Umum (Sekum) KONI Sulut, Tony Kullit, Biasanya sebelum berangkat ke PON. KONI bekerja sama dengan Dispora melaksanakan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda). Karena Covid-19, Pelatda diadakan secara mandiri. Diketahui, Sulawesi Utara memastikan diri lolos ke PON 2021 yang akan diselenggarakan di Papua setelah mengatasi perlawanan Jogjakarta dan Bali saat Kualifikasi PON yang diselenggarakan di Banten. Tim basket putra 5×5 itu berhasil lolos dari kualifikasi bersama dengan 6 daerah lainnya yakni DKI Jakarta, Jawa Tengah, Banten, Bangka Belitung, Bali, dan Kalimantan Selatan.(Ben)

Tags: