Pilkada 2020: PDI Perjuangan Juara di Manado, tapi..

Manado – Pengamat politik dari Tumbelaka Academic Centre (TAC), Taufik Manuel Tumbelaka, memprediksi Pilkada Kota Manado 9 Desember 2020 akan berlangsung ketat.

Sejumlah nama diwacanakan sebagai bakal calon pada Pilkada kota yang sudah berusia 396 tahun ini, yakni Andrei Angouw, Christiano Talumepa, Mor Dominus Bastiaan, Paulina Runtuwene, James Sumendap, Jimmy Rimba Rogi, Victor Mailangkay, Richard Sualang, Hangky Gerungan, Harley Mangindaan, Bobby Daud, Machmud Turis, Amir Liputo, Ayub Ali Albugis dan Hanny Joost Pajouw.

“Meskipun masih sebatas wacana sebelum SK (surat keputusan) keluar, namun diprediksi Pilkada Kota Manado akan berlangsung ketat,” ujar Taufik Tumbelaka kepada wartawan Manadonews.co.id di Manado, Selasa (23/6/2020).

Taufik Tumbelaka menambahkan, tanpa petahana Pilkada Kota Manado akan berlangsung ketat sekaligus tantangan bagi partai-partai yang akan mengusung pasangan calon.

“Yang ada ‘incumbent’ yakni istri Walikota. Vicky Lumentut sebagai Walikota Manado yang masih ‘berkuasa’ bisa menjadi penarik suara bagi Paulina Runtuwene, istri Walikota Vicky Lumentut, yang berpotensi besar diusung Partai Nasdem,” tukas Tumbelaka.

Baca Juga:  RSU Awaloei Siap Beroperasi, Andrei Angouw: Bukti Pihak Swasta Ikut Berperan

Terkait istri petahana Walikota Vicky Lumentut, Paulina Runtuwene, lanjut Taufik Tumbelaka, berpeluang dipasangkan dengan figur dari beberapa partai kecuali PDI Perjuangan.

“Artinya, bukan hanya Paulina-Harley, bisa juga Paulina-Mor atau lainnya, kecuali dengan PDIP yang condong mengusung pasangan kader internal. Namun di Nasdem jangan lupa masih ada Victor Mailangkay, Sekretaris DPW Nasdem Sulut,” kata Tumbelaka.

Ditanya soal PDI Perjuangan, mantan aktivis mahasiswa UGM ini menegaskan, partai besutan Megawati Soekarno Putri ini, berpeluang besar menang dengan syarat mampu mengangkat figur berelektabilitas tinggi.

“PDIP juara di Manado (meraih kursi terbanyak DPRD Manado), tapi belum pernah juara Pilwako. Kita lihat nanti siapa yang diusung, apakah Andrei Angouw atau James Sumendap? Kemudian papan duanya siapa, apakah Richard Sualang? PDIP punya banyak kader di Manado, tinggal diputuskan pasangan yang cocok,” jelas Taufik Tumbelaka.

Sebelumnya diberitakan, PDI Perjuangan memiliki 10 kursi DPRD Manado memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon sendiri.

Selanjutnya, Partai Demokrat yang memiliki 6 kursi mewacanakan mengusung pasangan Mor Dominus Bastiaan dan Hanny Joost Pajouw.

Baca Juga:  Olly Berharap GMIM Jangan Terbuai

Partai Demokrat butuh tambahan 2 kursi untuk mengusung pasangan calon.

Sementara, Partai Nasdem mewacanakan mengusung Paulina Runtuwene berpasangan dengan Harley Mangindaan. Namun Nasdem juga punya figur papan satu lain yakni Victor Mailangkay.

Terbaru, Partai Golkar telah meresmikan Jimmy Rimba Rogi sebagai bakal calon Walikota Manado.

Partai Nasdem dan Partai Golkar sama-sama hanya memiliki 5 kursi DPRD Manado sehingga masih butuh tambahan 3 kursi jika masing-masing ingin mengajukan pasangan calon.

Diketahui, partai atau gabungan partai wajib memiliki minimal 8 dari 40 kursi DPRD Manado (20 persen) untuk mengusung pasangan calon.

Berikut komposisi perolehan kursi partai DPRD Manado periode 2019-2024:

PDIP 10
Demokrat 6
Nasdem 5
Golkar 5
PAN 4
Gerindra 4
Perindo 2
PKS 2
Hanura 1
PSI 1

(YerryPalohoon)