Kiat Jitu Joune Ganda “Entrepreneur Muda Bertangan Dingin” Pertahankan Bisnis Ditengah Badai Pandemi Covid-19

MANADO, MANADONEWS.co.id- Pengusaha sukses asal Kabupaten Minahasa Utara Joune Ganda,SE menuturkan selama masa Pandemi Covid-19 kalangan dunia usaha mendapat hantaman yang sangat dasyat.

Hal itu ditegaskan Joune Ganda, SE dalam segmen Telewicara sapa Manado kompas TV Manado, Jumat (26/6/2020).

Menjawab pertanyaan pembawa acara Sapa Manado saat itu Kepala Biro Kompas TV Manado Susan Palilingan, Joune Ganda menuturkan solusi mengatasi kelesuan bisnis akibat dampak Covid-19 ini, ada tiga hal utama yakni Efisiensi, penguasaan teknologi informasi dan ketiga yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Masa pandemi Covid-19 benar-benar musibah besar bagi perekonomian skala kecil hingga besar.”ujar Wakil ketua bidang Ekonomi DPD PDI Perjuangan Sulut.

Dia menjelaskan, strategi untuk bertahan pada masa Pandemi Covid-19 ini adalah berupaya melakukan efisiensi di berbagai aspek guna menekan cost usaha, melakukan proses penyesuaian atau digitalisasi sistim dan manajemen bisnis dengan penguasaan teknologi informasi, pemanfaatan media sosial serta media sosial secara bijak dan yang paling terpenting adalah peningkatan sumber daya manusia.

Baca Juga:  Ivone Bentelu Ajak Perempuan Tanam Mangrove di Pesisir Pantai Kapeta

“Tiga point ini menurut saya menjadi satu solusi dan strategis dunia usaha dalam menghadapi dan bertahan terhadap hantaman dan dampak Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih berlangsung.”kata Ketua umum Pengprov GABSI Sulut itu.

Disatu sisi kata kerabat dekat Menseskab Pramono Anung ini, kemampuan serta komitmen kalangan dunia untuk bertahan menghadapi goncangan badai besar dalam bidang sepanjang abad ini, pengusaha juga membutuhkan dukungan kebijakan umum dan keuangan global.

“Disaat kami mencoba bertahan dengan kondisi ini, pemerintah juga perlu menunjukan keberpihakan untuk mendukung kalangan dunia usaha dengan memberikan akses kemudahan regulasi perizinan dan stimulus keuangan yang ringan dan berkelanjutan.” tandas suami tercinta dari Risya Ganda Davega calon Bupati Minut yang diusung oleh PDI Perjuangan pada Pilbup Minut Desember 2020 mendatang ini bernada optimis.(nando)

.