Kontestan Pilkada Wajib Baca! Ini Peta Politik Hasil Diskusi TAC

Manado – Diskusi internal Lembaga Studi Sosial dan Politik, Tumbelaka Academic Centre (TAC), Kamis, 9 Juli 2020 pagi, memetakan kekuatan politik dengan prediksi 3 pasangan bakal kandidat pada Pilkada Sulut serta beberapa Pilkada kabupaten dan kota.

Taufik Manuel Tumbelaka, Direktur Eksekutif TAC, memaparkan beberapa catatan kecil dari hasil diskusi yang menjadi faktor kemenangan di Pilkada.

Pertama, pertarungan di Pilkada Sulut secara umum akan ditentukan oleh 3 hal, yakni figur, calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah.

“Strategi pemenangan, management isu, pengaturan irama dinamika, kesolidan tim, baik itu mesin parpol dan relawan, harus dilakukan,” jelas Taufik Tumbelaka kepada wartawan Manadonews.co.id di Manado, Kamis (9/7/2020) siang.

Faktor kedua, lanjut Taufik Tumbelaka, kekuatan tim penting untuk menjaga strategi, dinamika politik berdasarkan konstelasi lapangan.

Ketiga, kendala paling besar adalah menciptakan kesolidan tim, hal ini dikarenakan sampai saat ini yang terpantau di sosmed termasuk grup WA adalah bukan pertarungan fraksi tapi lebih menonjol pertarungan faksi.

“Dalam artian bukan pertarungan antar bakal kandidat yang diprediksi akan bertarung di Pilkada tapi lebih menonjol pertarungan antar sesama pendukung secara internal dikarenakan mencari pengaruh posisi kepada ‘sang patron’ alias bakal kandidat,” tukas mantan aktivis mahasiswa UGM ini.

Baca Juga:  DPP PDI Perjuangan Resmi Keluarkan SK 4 Pasang Calon

Hasil pantauan TAC, lanjut Tumbelaka, menunjukan hampir semua bakal kandidat yang kemungkinan akan maju belum memiliki tim yang kuat.

“Keempat, ke depan akan terjadi irisan politik yang kuat antar beberapa bakal kandidat dan pada titik irisan itu terjadi pertarungan sengit,” pungkas Tumbelaka.

(YerryPalohoon)