Operasi Patuh Samrat-2020, Keselamatan Pengendara Menjadi Hal Utama

MANADO,Manadonews.co.id-.Hari kedua pelaksanaan Operasi Patuh Samrat 2020, puluhan kendaraan roda dua maupun roda empat terjaring dalam operasi tersebut.

Seperti yang terlihat di ruas jalan Piere Tendean Kawasan Boulevard Kamis malam (24/7) para pelanggar terpaksa harus berurusan dengan pihak berwajib karna para pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, knalpot Racing, Syarat Teknis Kendaraan seperti kelengkapan surat-surat, dan pengendara kendaraan roda empat tak memakai seatbelt.

Kasat Lantas Polresta Manado AKP Magdalena Anita Sitinjak SIK mengatakan, keselamatan merupakan sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalulintas.

“Kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dalam berkendaraan. Dengan penindakan sasaran pelanggaran lalulintas tersebut, diharapkan Operasi Patuh tahun ini dapat menekan jumlah korban fatalitas dan meminimalisir kemacetan lalu lintas,” ujar Kasat Lantas.

Dalam Operasi Patuh tahun 2020, ada delapan sasaran prioritas Operasi Patuh tahun 2020, yaitu:

  1. Pengemudi menggunakan handphone/miras
  2. Pengemudi melawan arus;
  3. Pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu;
  4. Pengemudi tak mengunakan seatbelt
  5. Pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI;
    6.Balap Liar
  6. Syarat Teknis Kendaraan
  7. Pendisplinan protokol kesehatan/pengemudi wajib memakai masker.
Baca Juga:  Sabet Lima Kategori, Manado Juara Umum Pesparawi se- Sulut

Selain itu menurut Kasat Lantas , Operasi patuh kali ini untuk meminimalis gangguan lalu lintas.

“Kami berkeinginan terwujudnya, keamanan, ketertiban serta keselamatan pengendara dalam berlalu lintas. pengendara bisa patuh dan juga kita berupaya untuk  mempersempit peredaran covid -19 ,” ujarnya.

Ia menambahkan dalam pelaksanaan operasi, petugas di lapangan akan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Adapun tujuan operasi itu digelar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya tertib berlalu lintas.
(Ben)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
1408 votes

This will close in 10 seconds