Ini Alasan Dinas Perkim Kota Tomohon Anggarkan Pekerjaan Jaringan Air Bersih di Kinilow dan Kinilow Satu

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman Daerah (Perkim) Kota Tomohon menjadwalkan pekerjaan jaringan air bersh di Kelurahan Kinilow dan Kinilow Sau pada T.A. 2020 ini.

Dikatakan Kadis Perkim Hengkie Supit, SIP, melalui Press Release, program ini dalam rangka melayani kebutuhan masyarakat akan air sebagai kebutuhan dasar rakyat yang harus dipenuhi oleh Negara, serta dalam rangka mewujudkan 100 persen akses air minum aman dan dapat dinikmati seluruh masyarakat.

Menurutnya, target tersebut sesuai dengan RPJMD Kota Tomohon Tahun 2016-2021 dan Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2030.

“Selain itu maksud dan tujuan dari pembangunan jaringan air bersih ini untuk melaksanakan Program 100-0-100,” terangnya.

Lanjutnya, program ini merupakan sebuah program menuju pemenuhan target tiga sektor antara lain pemenuhan 100 persen akses layak air minum, pengurangan kawasan kumuh menjadi 0 persen, dan pemenuhan 100 persen akses sanitasi layak.

“Dipilihnya kelurahan Kinilow dan Kinilow Satu untuk tahun ini, dalam rangka mempercepat penanganan dan pencegahan kawasan permukiman kumuh di kota Tomohon,” ujarnya.

Baca Juga:  Corry Bantah Dana Sertifikasi Guru Rp 15 Miliar Mengendap

Hal ini karena kedua kelurahan ini merupakan kelurahan yang berpotensi terjadinya kawasan permukiman kumuh, sehingga pemenuhan akan air bersih merupakan salah satu dari indikator dalam pengukuran kawasan permukiman kumuh.

“Selain itu pembangunan jaringan air bersih di dua Kelurahan itu sebagai upaya membantu PDAM untuk mengatasi kekurangan distribusi bagi sebagian masyrakat yang belum terjangkau dengan jaringan PDAM,” imbuhnya.

Supit menjelaskan pembiayaan jaringan air bersih ini bersumber dari APBD Kota Tomohon tahun 2020 yang dialokasikan di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman daerah Kota Tomohon dari Program Lingkungan Sehat Perumahan dengan kegiatan Penanganan Kawasan Kumuh dengan anggaran Rp. 150 Juta.

“Pelaksanaan Pembangunan Jaringan distribusi air bersih ini ditargetkan akan selesai pada Bulan Agustus 2020, dan akan melengkapi jaringan yang sudah terbangun serta meningkatkan kapasitas debit air yang sudah ada, sehingga meningkatkan jangkauan pelayanan kepada masyarakat,” tutupnya.