Bawaslu Bolsel Gelar Rakor Coklit

BOLSEL,Manadonews.co.id-.Dalam rangka menyambut pemilihan calon Gubernur dan wakil Gubernur Provinsi Sulut serta calon Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bolsel terus melakukan pemantapan kinerja bagi seluruh jajarannya.

Salah satunya dengan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait pengawasan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih kepada segenap Panwascam se-Kabupaten Bolsel, yang digelar di Aula kantor Kecamatan Bolaang Uki, Jum’at (07/08/2020).

Komisioner Bawaslu, Kifli Yuddy Malonda menyebutkan Rakor yang digelar pihaknya tersebut tidak lain untuk mengevaluasi kinerja jajaran Panwascam hinga Pengawas Kelurahan Desa (PKD) dalam melakukan pengawasan tahapan Coklit yang kurang lebih sudah dua pekan dilaksanakan.

Selain itu, untuk memastikan terpenuhinya Alat Kerja Pengawasan (AKP) oleh PKD sesuai data yang didapat saat melakukan pengawasan langsung dilapangan.

Kegiatan itu juga bertujuan untuk mengetahui kendala apa saja yang ditemukan dilapangan. Termasuk memastikan tidak ada warga yang tidak terdata oleh petugas pendataan.

Tugas kita adalah memastikan terpenuhinya data pemilih yang akuntabel. Sehingga, perlu adanya dokumentasi lapangan sebagai arsip kita sebagai penyelenggara dalam hal pengawasan, Koordinator Sekertaris (Korsek) Bawaslu Bolsel Artur A. Warokah mengatakan, dalam menyambut pesta demokrasi pada 9 Desember nanti, PKD memiliki tugas yang berat dalam hal pengawasan.

Baca Juga:  Puan Maharani dan Gubernur Olly Harap Kegiatan Revolusi Mental Lahirkan Berbagai Inovasi Positif

Sehingga mereka (Panwascam dan PKD) perlu dibekali dengan berbagai informasi, agar lebih ketat dalam menjalankan tugas dan fungsi.

“Jadi, PKD harus bekerja dengan bersungguh-sungguh dalam hal pengawasan di tingkatan desa dan pastinya kami Bawaslu siap untuk menghadapi Pilkada serentak pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tanggal 09 Desember 2020 nanti,” pungkas Arthur.
(Adve/Bobby)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
1365 votes

This will close in 10 seconds