OD-SK Dinilai Sukses Lestarikan Budaya Sulut

SULUT,Manadonews.co.id-.Pelestarian adat dan budaya Sulawesi Utara (Sulut) dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw dinilai sukses.

Hal ini terlihat dari destinasi wisata budaya di 15 Kabupaten Kota yang terus dilestarikan dikembangkan, baik budaya Minahasa, Mongondow, Nusa Utara dan budaya lainnya.

Teranyar kawasan Cagar Budaya Waruga Kuwil yang berada dalam Area Bendungan Kuwil-Kawangkoan Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara, yang kini mulai ditata sebagai Kawasan destinasi budaya satu-satunya di dunia berlabel wisata dunia.

Vilandy Lumansik, Pemerhati Budaya Sulut

Menurut Vilandy Lumansik, salah satu pemerhati budaya Sulut, bahwa komitmen Gubernur Olly Dondokambey dalam melestarikan budaya sulut tak perlu diragukan lagi.

“Komitmen Gubernur Olly berpihak terhadap pelestarian budaya memang terlihat sejak awal menahkodai Provinsi Sulawesi Utara bersama Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw, dengan visi pembangunan yakni Terwujudnya Sulawesi Utara Berdikari dalam Ekonomi, Berdaulat dalam Pemerintahan dan Politik, serta Berkepribadian dalam Budaya,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, adat dan budaya merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan pariwisata.

“Adat dan budaya bagian penting dalam konsep pembangunan daerah wisata. Dan juga menjadi kekayaan daerah yang terus dilestarikan,” jelasnya.

Baca Juga:  Gubernur dan Ketua TP-PKK Sulut Hadiri Ibadah Natal Nasional 2019

Dirinya mengajak para generasi muda untuk terus melestarikan situs-situs budaya sulut.

“Mari kita sebagai generasi muda menjaga serta melestarian situs-situs budaya di daerah dari generasi yang satu ke generasi berikutnya,” tutup Lumansik.
(Stvn)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
360 votes

This will close in 10 seconds