Positif COVID-19, Cabup Bolsel Karantina Mandiri Dirumah

BOLSEL,Manadonews.co.id- Alasan new normal tidak harusnya membuat Tim Gugus Tugas Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) lemah dalam mengawasi potensi penyebaran virus corona. Seperti di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) nampaknya kinerja tim gugus mulai menciut disebapkan prosedur penanganan pasien corona sudah diberikan kelonggaran pasca new normal.

Bagaimana tidak, pasca ditetapkan dua public figure Bolsel Riston Mokoagow dan Selviah van Gobel dinyatakan positif terpapar virus corona, penanganan tim gugus tugas nampaknya tidak sama seperti ketika era new normal belum diberlakukan.

Informasi yang dirangkum, kedua pasien positif  yang di kategorikan orang tanpa gejala (OTG) tersebut hanya menjalani karantina biasa pada umumnya di kediaman mereka masing-masing. Dan yang paling mencolok, beredarnya di media sosial facebook yang diposting oleh akun Audry Kurnia Pasambuna, salah satu pasien yang baru dinyatakan positif covid-19 Riston Mokoagow nampak sedang melayani tamunya yang tak memakai Alat Pelindung Diri (APD) yang seharusnya.

Hal ini pun sontak menyita perhatian LSM Kesehatan, Indonesian Hospital Watch (Inhocth) asuhan dr Fikri Suadu ini.

Baca Juga:  Hormati Minggu Sengsara ROR-RD Imbau Pendukung Turunkan APK

Menurutnya, meski kedua pasien tersebut termasuk OTG, akan tetapi mereka termasuk golongan pasien positif, tentu harus mengikuti prosedur karantina mandiri  pada umumnya.

“Kenapa dikatakan OTG, karena pasien tersebut tidak memperlihatkan gejala karena system imun dalam tubuh mereka masih mampu menyeimbangi virus dalam tubuh. Bahayanya, apabila pasien tersebut melakukan kontak kepada orang-orang sekitarnya yang memiliki system imun di bawah rata-rata tentu sangat membahayakan, Oleh karena itu, kami  meminta tim gugus tugas Bolsel sebaiknya memberikan perhatian khusus bagi pasien tersebut, jangan dibiarkan sebelum menyebar,” katanya.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bolsel, dr Sadly Mokodongan saat dikonfirmasi via selular (6/9/2020) menyampaikan, dari aturan yang terbaru, penanganan pasien corona tanpa gejala memang hanya di karantina di rumah, namun wajib mengikuti prosedur seperti menggunakan APD, mengurangi kontak dengan orang rumah, pengunjung dan penjengkuk tidak diizinkan sampai pasien benar-benar sehat dan hasil test negative serta beberapa prosedur mengikat lainnya.

Posisi tim gugus tugas disini hanya bisa mengimbau pasien untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan semasa menjalani karantina. Jika dilanggar tentu ada kewenangan bagi Satgas lain untuk melakukan penindakan, seperti pemerintah desa atau pihak kepolisian,” jelasnya.

Baca Juga:  Rhamdani Resmi Masuk Struktur DPP Hanura

Terpisah, Juonenita R Tambun S.Kep, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menular Dinas Kesehatan Bolsel saat dikonfirmasi mengaku cukup menyayangkan setelah melihat foto yang beredar di Medsos tersebut yang memperlihatkan pasien Covid-19 menerima tamu yang tak memakai APD.

“Harusnya pasien positif tidak boleh menerima tamu. Kalaupun itu sifatnya penting, harus menggunakan masker dan APD lainnya. Apalagi sekarang pemerintah sudah mewajibkan masyarakat menggunakan masker,” tuturnya.

Sementara itu, Selviah van Gobel yang kini masih menjalani karantina pasca dinyatakan positif mengakui dirinya hanya di karantina di kediamannya di Desa Toluaya, Kecamatan Bolaang Uki. Dan diakui masih disiplin menjalani protokol kesehatan yang dianjurkan oleh tim Gugus Tugas.

“Keadaan saya saat ini Alhmadulillah sehat wal afiat, namun karena dinyatakan positif covid-19, mau tidak mau harus menjalani proses karantina. Untuk terima tamu memang dilarang, kalo dorang mo datang, kang salah salah kita mo bilang jangan datang toh. Tapi kita terima dorang tetap sesuai prosedur kesehatan pakai masker, jaga jarak,” jelasnya.

Baca Juga:  Dinkes Bolmong dan RSUD Datoe Binangkang Sukseskan Peringatan HKN ke-53

Sementara itu, Riston Mokoagow saat dikonfirmasi mengakui kebenaran foto tersebut. “ Foto diambil sebelum melakukan video conference dengan pihak KPU (5/9/2020) kemarin,” singkatnya.
(Bobby)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
1097 votes

This will close in 10 seconds