Wabup Yanny Kampanyekan Pencegahan Stunting

BOLMONG,MANADONEWS.CO.ID,-Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow terus berupaya menangani kasus stunting. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan terus mengkampanyekan pencegahan stunting secara terintegrasi.

Beberapa waktu lalu, pemkab Bolmong telah melakukan rapat kordinasi untuk membahas Konvergensi/Intervensi penurunan stunting serta persiapan data untuk penilaian kinerja Kabupaten Lokasi Khusus (Lokus).

Rapat koordinasi itu pula, untuk menindaklanjuti surat Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Utara (Sulut).


Bahkan untuk memastikan stunting menjadi isu prioritas dalam perencanaan di tingkat desa, kepala desa dapat merekrut Kader Pembangunan Manusia (KPM).

KPM merupakan kader masyarakat yang bertugas untuk memfasilitasi aksi konvergensi penurunan stunting di tingkat desa. Pengertian konvergensi intervensi pada sasaran adalah bahwa setiap ibu hamil, ibu menyusui, ibu nifas, dan anak mulai hari pertama kehidupan harus mendapatkan akses layanan atau intervensi yang diperlukan untuk penanganan stunting secara terintegrasi.

KPM dapat mengajak peran serta atau partisipasi masyarakat dan lembaga dalam proses perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan pemantauan; serta berkoordinasi dengan pelaku program dan lembaga lainnya.

Baca Juga:  Wabup Bolsel Ucapkan Selamat HUT Bolmut ke-12

Wakil Bupati Bolaang Mongondow Yanny Ronny Tuuk STh, MM, rabu (14/10/2020) melalui vidio singkat mengajak masyarakat untuk mencegah Stunting sejak dini.

“Mari cegah Stunting mulai dari hari pertama kehidupan,” kata Wabup Yanny dalam vidio singkatnya yang di bagikan di facebook oleh Kabid Pemasaran dan Pengembangan Dinas Pariwisata Kabupaten Bolmong, Alfina Sumenda,SIP,MM.

Stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir.

Dalam vidio singkatnya tersebut, Wabup Yanny mengungkapkan dukungannya untuk pencegahan Stunting di Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Saya mendukung penuh konvergensi intervensi penurunan Stunting di Kabupaten Bolaang Mongondow,” tuturnya.
(David)

Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
3112 votes

This will close in 10 seconds