Tim Jihandak Yonzipur 19/YKN Berhasil Atasi Teror Bom Terhadap Presiden Jokowi

MANADO,MANADONEWS.co.id- Rangkaian kunjungan Presiden RI Joko Widodo bersama rombongan tamu VVIP lainnya di Provinsi Sulut yang merupakan wilayah hukum Kodam XIII/Merdeka mengalami gangguan dengan adanya ancaman teror bom oleh kelompok teroris.

Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Matondang yang juga selaku Panglima Komando Operasi (Pangkoops) VVIP ketika mendapat laporan dari satuan Intelijen bahwa ada ancaman teror bom di Hotel Sutan Raja, Maumbi di Minahasa Utara (Minut) tempat kegiatan menginapnya para tamu VVIP itu dan para kepala daerah se-Indonesia langsung mengambil langkah cepat dengan memerintahkan Komandan Batalyon (Danyon) Zipur 19/YKN Mayor Czi Adityo Bangun Pratomo melalui tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Yonzipur 19/YKN.

Menindaklanjuti perintah tersebut tim Jihandak yang dipimpin oleh Komandan Tim (Dantim) Jihandak Sertu Soba Maikiel Stefen bersama 25 personil langsung menuju lokasi dan melakukan evakuasi di tempat kejadian berdasarkan hasil laporan seorang warga bahwa bom tersebut berada di lantai dasar hotel.

Tim langsung melakukan investigasi dan berhasil menemukan barang tersebut yang terletak dibawah meja yaitu berupa tas hitam berukuran 30×20 tim operator Jihandak yakni Serda evit Setiawan dan Praka Aswan Said mengidentifikasi tas yang mencurigakan tersebut dan mendapatkan dan langsung mengamankan bom tersebut.

Baca Juga:  ROR Serahkan Dana Duka

“Berkat kerja keras dan kesigapan prajurit dilapangan ancaman terhadap tamu VVIP itu dapat teratasi dengan tuntas.”ujar Danyonzipur 19/YKN Mayor Czi Adityo Bangun Pratomo kepada media ini, Kamis (22/10/2020).

Kondisi tersebut merupakan simulasi latihan pengamanan VVIP Kodam XIII/Merdeka Tahun 2020 penjinakkan bahan peledak (Jihandak) oleh tim jihandak Yonzipur 19/YKN.

Danyonzipur 19/YKN Mayor Czi Adityo Bangun Pratomo ketika diwawancarai Manadonews.co.id mengatakan bahwa pengamanan VVIP merupakan tugas pokok dari TNI di wilayah masing-masing, termasuk Kodam XIII/Merdeka.

“Keselamatan, keamanan dan kelancaran kegiatan tamu VVIP di daerah merupakan satu tugas dan tanggung jawab prioritas Danyonzipur 19/YKN dalam wilayah Kodam XIII/Merdeka.”katanya.

Dia menjelaskan kegiatan simulasi ini merupakan upaya untuk meningkatkan dan mempertahankan kemampuan anggota dalam menjalankan tugas-tugas prioritas termasuk mengatasi ancaman dan gangguan keamanan tamu VVIP dalam melaksanakan kunjungan kerja ke daerah.

“Kegiatan simulasi ini merupakan tindak lanjut perintah komando atas dalam meningkatkan kemampuan personal para anggota YonZipur 19/YKN.”tandasnya.(Reginapacis)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
5547 votes

This will close in 10 seconds