Example floating
Example floating
Berita TerbaruNasional

Patut Ditiru Perusahaan dan Organisasi Lain, Pertamina Gandeng Dewan Pers Berikan Pelayanan PCR Gratis

3
×

Patut Ditiru Perusahaan dan Organisasi Lain, Pertamina Gandeng Dewan Pers Berikan Pelayanan PCR Gratis

Sebarkan artikel ini

Jakarta — Menggandeng Dewan Pers, Pertamina memberikan pelayanan tes usap polymerase chain reaction (PCR) gratis kepada 105 insan media. Pelaksanaan tes dilakukan oleh tim medis dari Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) yang dipusatkan di Hall Gedung Dewan Pers di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jum’at (23/10/2020).

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, pemberian tes Swab PCR gratis ini merupakan komitmen Pertamina untuk menjaga dan melindungi para insan media yang selama ini harus terus bekerja di lapangan untuk menyampaikan informasi yang dibutuhkan publik.

Example 300x600

“Insan media merupakan garda terdepan dalam menyampaikan informasi yang akurat dan berimbang kepada masyarakat baik terkait perkembangan bisnis Pertamina maupun berita terkini tentang COVID-19 itu sendiri, sehingga harus mendapat perlindungan yang maksimal,” terang Fajriyah.

Pertamina, lanjut Fajriyah, telah menggelontorkan bantuan untuk penanganan COVID-19, baik untuk tenaga medis, para jurnalis, pelanggan Pertamina, serta masyarakat umum.

“Berbagai program CSR dan bina lingkungan Pertamina dalam membantu penanganan COVID-19 tersampaikan dengan baik kepada publik berkat bantuan dan kerja sama para insan media, baik cetak, online maupun elektronik,” imbuh Fajriyah.

Senada dengan Fajriyah, Direktur RSPP Dr. Syamsul Bahri mengatakan RSPP dan PT. Pertamina ( Persero ) selama ini sangat concern dalam penanganan COVID-19, “Pada masa pandemi COVID- 19 saat ini, hal yang tidak kalah penting adalah upaya pencegahan (preventif) dengan melakukan screening atas orang-orang yang mempunyai risiko tertular COVID-19 seperti pekerja media.

“Sebagai anak usaha Pertamina yang bergerak dalam bidang kesehatan, RSPP telah menyiapkan fasilitas pemeriksaan PCR untuk diagnostik, penyiapan fasilitas Perawatan Khusus pasien COVID- 19 di RSPP Extension Modular di Simprug, Jakarta Selatan, dan Rumah Sakit khusus COVID-19 di Cempaka Putih, Jakarta Pusat,” terang Dr. Syamsul Bahri.

Sementara itu, Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Internasional Dewan Pers Agus Sudibyo mengatakan, dalam kondisi pandemi saat ini, tuntutan bagi profesi wartawan semakin terasa seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap informasi yang akurat dan bermanfaat.

Wartawan, khususnya yang melakukan tugas peliputan di lapangan, pada perkembangannya kini juga menjadi salah satu jenis pekerjaan yang risiko terpapar COVID-19 paling tinggi.

“Untuk itu Dewan Pers sangat mengapresiasi kepedulian PT Pertamina (Persero) dan Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan tes swab PCR untuk insan media ini. Semoga ke depannya akan lebih banyak perusahaan yang bersedia untuk mendukung kegiatan semacam ini,” pungkas Agus.

Dalam pelaksanaan tes usap PCR Jumat pagi, diikuti banyak wartawan dari berbagai media massa. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat mengikutkan 30 anggotanya yang berasal dari berbagai platform media massa. Mereka didampingi Ketua PWI Peduli Pusat M Nasir.

“Semua dapat dilayani dengan baik. Terima kasih Dewan Pers, RSPP, dan Pertamina yang memfasilitasi tes usap PCR gratis,” kata Elly Pujianti, Sekretaris PWI Peduli Pusat yang turun menyiapkan pesertanya.

(***/YerryPalohoon)

Example 300250
Example 120x600