Example floating
Example floating
BeritaManado

Siklus Kejuaraan Dunia Bridge Berubah Mulai Tahun 2021

×

Siklus Kejuaraan Dunia Bridge Berubah Mulai Tahun 2021

Sebarkan artikel ini

MANADO,Manadonews.co.id-Pembatalan Kejuaraan Dunia Bridge tahun 2020 akibat pandemic covid-19 berdampak pada perubahan siklus kejuaraan dunia bridge. Dua kejuaraan dunia bridge yang sedianya berlangsung di Salsomagiore, Italia pada bulan Juli-September 2020 dibatalkan. Yang pertama adalah World Youth Bridge Team Championships yang rencananya diselenggarakan pada 30 Juli – 9 Agustus 2020 dan yang kedua World Bridge Team Championships & Transnational Open Teams Championship pada tanggal 21 Agustus – 4 September 2020.

Pembatalan ini berdampak pada siklus penyelenggaraan kejuaraan dunia bridge untuk 4 tahun kedepan dimulai tahun 2021. Kenapa harus 4 tahun? Karena siklus kejuaraan dunia bridge diatur untuk 4 tahun dengan nama kejuaraan dunia yang berbeda. Tidak usah orang awam, pemain bridge sendiripun sering dibuat bingung mengenai Kejuaraan Dunia Bridge yang diselenggarakan setiap tahun. World Bridge Federation (WBF) menyelenggarakan dua Kejuaraan Dunia Bridge setiap tahun.

MANTOS MANTOS

Satu khusus untuk pemain junior dan yang satu lagi terbuka untuk siapa saja. Selain itu WBF juga membuat kejuaraan dunia berbeda untuk tahun ganjil dan tahun genap. Mari kita mulai dengan tahun ganjil. Khusus tahun ganjil untuk kejuaraan dunia terbuka buat semua kelompok umur tidak berubah, yaitu World Bridge Team Championships & Transnational Open Teams Championship. Pada kejuaraan dunia ini dipertandingkan 4 nomor utama, yaitu Open Team yang memperebutkan Bermuda Bowl, Women Team yang memperebutkan Venice Cup, Senior Team dengan d’Orsy Trophy dan kemudian ditambah Mixed Team memperebutkan Wuhan Cup.

Selain itu dipertandingkan juga Transnational Open Teams Championship. Transnational Open Teams Championship diselenggarakan setelah selesai babak penyisihan World Bridge Team Championships yang terbuka untuk siapa saja dan boleh gabungan pemain dari beberapa Negara. Untuk Kejuaraan Dunia Junior justru event seperti ini diselenggarakan pada tahun genap dengan nama World Youth Bridge Team Championships. Event ini mempertandingkan Junior Team (26 tahun kebawah) memperebutkan Ortiz Patino Cup (Junior) , School Team (21 tahun kebawah) Jose Damiani Cup. Selanjutnya ada kategori Girls U26 kemudian Kids U16 dan tahun ini bertambah lagi U31 Kedua kejuaraan dunia diatas hanya diikuti juara-juara zone sesuai kuota yang ditetapkan.

Kalau dianalogikan dengan sepakbola maka kedua event diatas adalah World Cup Bridge. Mulai tahun 2021 kedua kejuaraan ini ditetapkan diselenggarakan secara bersama di tahun ganjil. Selanjutnya untuk tahun genap, kejuaraan dunia yang diselenggarakan berbeda setiap dua tahun. Langsung saja kita lihat penyelenggaraan pada tahun 2022. Pada tahun 2022, WBF akan menggelar World Youth Transnational Bridge Championships and World Bridge Games.

World Bridge Games adalah pertandingan antar Negara yang mempertandingkan 4 nomor pertandingan seperti pada kejuaraan tahun ganjil. The Vanderbilt trophy untuk open team, The Torlontano Trophy untuk Women’s Team, The Senior Teams dan World Mixed Team Championship.

Menurut Bert Polii selaku pengurus Gabsi Pusat Selain itu juga ada kejuaraan pasangan untuk 4 kategori diatas, Untuk Kejuaraan Dunia junior terbuka untuk semua pemain junior dan boleh bermain atau berpasangan dengan pemain dari Negara lain atau transnational. Selanjutnya untuk tahun genap berikutnya 2024 WBF menggelar World Youth Transnational Bridge Championships and World Bridge Series.

“Untuk kejuaraan dunia junior tidak ada perubahan sama dengan tahun 2022. Namun untuk yang terbuka ada perbedaan. Pada kejuaraan dunia ini, mengikuti junior yaitu terbuka untuk siapa saja tidak harus mewakili Negara. Nomor-nomor yang dipertandingkan tetap sama 4 nomor. The Rosenblum Cup untuk Open Team, The McConnel Cup buat Women’s Team, The Rand Cup Senior Team ditambah The World Transnational Mixed Team,”ujar Polii.

(Ben)

Example 120x600