Wabup Robby Dondokambey Siap Perjuangkan Pelestarian Waruga Lotta

PINELENG, MANADONEWS.CO.ID – Melihat keberadaan situs budaya Waruga Wanua Ure Lotta, yang berada di Desa Pineleng Dua, Kecamatan Pineleng, yang penuh nilai sejarah itu, Wakil Bupati (Wabup) Minahasa Robby Dondokambey, S.Si (RD) berjanji untuk turut ambil bagian dalam upaya pelestarian.

“Saya akan memperjuangkannya untuk peningkatan sarana prasarananya, terutama jalan seperti yang disampaikan Juru Kunci tadi,” tukas saat mengunjungi lokasi Waruga, Senin (16/11) sore tadi

Hal itu, imbuhnya, akan diupayakan pada anggaran APBD tahun 2021.

Dikatakannya, sudah menjadi tugas dan kewajiban sebagai pemerintah untuk konsen pada kebijakan publik terkait dengan upaya pelestarian situs – situs budaya.

“Jika jalan sudah dibangun secara representatif, selain mempermudah akses bagi para pengunjung, juga membuka jalan bagi promosi ke luar,” ungkapnya.

Ia pun sangat mengapresiasi Pemilik Lahan sekaligus tokoh masyarakat Joseph Jacob, Juru Kunci Donald Jacob, Hukum Tua Desa Pineleng Dua, Anggota DPRD Minahasa Natalia Rilli Rompas serta Serdadu Adat Minahasa pimpinan Axcel Dondokambey yang sungguh – sungguh berkontribusi dalam upaya pelestarian salah satu situs budaya yang sangat menyimpan sejuta nilai historis bagi generasi Minahasa sepanjang masa.

Baca Juga:  ROR - RD dan Ivansa - CNR Resmi Ditetapkan KPU sebagai Paslon Pilkada Minahasa 2018

Fik

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
5965 votes

This will close in 10 seconds