Ketua KPU Manado Jusuf Wowor: Kita Kerja sesuai Tahapan, Mengacu pada Regulasi

Manado – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado menegaskan telah bekerja sesuai aturan dan tahapan, mulai dari perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga masuk pada pleno rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilihan Gubernur dan Walikota Tahun 2020 di tingkat Kecamatan.

Hal ini dikatakan Ketua KPU Manado, Jusuf Wowor, saat diwawancarai media di sela kunjungan pemantauan di sejumlah pleno tingkat kecamatan, Minggu (13/12/2020).

“Kita kerja sesuai tahapan. Proses perhitungan di TPS sudah selesai dan saat ini kita pleno di kecamatan,” jelas Jusuf Wowor.

Ditegaskan Wowor, untuk pleno rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilihan Gubernur dan Walikota Tahun 2020 di tingkat kecamatan, diharapkan bisa segera dirampungkan Minggu hari ini sehingga bisa berjalan sesuai jadwal tahapan.

“Sesuai PKPU 19/2020 pasal 15, kita sudah tahu kerja kita di TPS dan kecamatan seperti apa. Jadi, kerja kita di kecamatan tak mungkin mengulang kembali kerja yang di TPS. Mengacu saja pada regulasi,” tegas Wowor.

Lanjut dikatakan Wowor, setelah pleno di kecamatan maka akan dilanjutkan ke tingkat kota, yang dijadwalkan secara serentak di Sulut pada 14-17 Desember 2020 di Hotel Sintesa Peninsula.

Baca Juga:  Cara Unik Bersepeda Ventje Alow Demi AA-RS

“Lebih cepat selesai, lebih bagus. Oleh karena itu kami berharap rekan jajaran di kecamatan bisa merampungkan pleno hari ini,” tukas Wowor.

Sementara itu, terpantau media di pleno Kecamatan Tikala, saksi dari pasangan calon Pilwako Manado, Julyeta Amelia Paulina Runtuwene dan Harley AB Mangindaan (PAHAM) mempertanyakan formulir A5 terkait pindah memilih.

“Form A5 tersebut merupakan pekerjaan di tingkat TPS. Jadi sangat mengulur waktu apabila itu dipermasalahkan di pleno tingkat kecamatan. Sementara sebisa mungkin harus segera dirampungkan hari ini,” kata Ketua PPK Tikala, Hendra Nabu, saat dikonfirmasi wartawan.

Ketua Media Center AARS, Steven Rondonuwu, mengatakan hasil laporan yang diterima hingga Minggu sore sudah dua kecamatan yang merampungkan hasil pleno yakni Bunaken Darat dan Bunaken Kepulauan.

Sedangkan Sario, Paal 2, Tikala, Wanea dan Tuminting dilaporkan sudah akan tuntas Minggu malam.

“Kami yakin semua kecamatan bisa menyelesaikan pleno sampai minggu tengah malam ini,” tuturnya.

Rondonuwu juga menyebut, tahapan pleno yang akan dilakukan KPU Manado Senin 14 Desember akan tetap dilaksanakan dan tak akan terganggu jika ada kecamatan yang belum menyelesaikan pleno.

Baca Juga:  Pilkada Manado 2020: Mantan Menteri Ini Rekomendasikan Nova Sumolang

“Informasi dari LO partai kami pleno akan tetap dilakukan yang didahulukan kecamatan yang telah selesai. Jadi, pleno Manado akan tetap jalan sambil menunggu jika ada kecamatan yang belum selesai,” pungkas dia. (***/JerryPalohoon)