PDIP Punya ‘Banteng dan Macan Ganas’ di Gedung Cengkih

Manado – Agustien Kambey resmi menggantikan Andrei Angouw sebagai anggota DPRD Sulut sisa masa bakti 2019-2024.

Pelantikan pengangkatan sekaligus pengucapan janji jabatan dipimpin Ketua DPRD Sulut, Fransiscus Andi Silangen, dalam rapat paripurna pergantian antar waktu (PAW), Rabu (6/1/2021) lalu.

Turut hadir, Wakil Gubernur Steven Kandouw dan Walikota Manado terpilih Andrei Angouw.

Steven Kandouw dalam sambutannya, mengingatkan Agustien Kambey dapat melaksanakan kepercayaan masyarakat daerah pemilihan (Dapil) Kota Manado dengan baik dan bertanggungjawab.

“Semoga bisa menjadi contoh kepada banyak orang, di usia yang sudah 70-an bisa optimis dan menjadi wakil rakyat. Selamat bertugas semoga Tuhan menyertai jejak langkah ibu dalam bertugas,” jelas Steven Kandouw.

Menarik, Steven Kandouw juga menyebut Agustien Kambey sebagai macan baru gedung cengkih mengacu pada tahun lahir mantan Wakil Ketua DPRD Kota Manado ini.

“Kalau lihat dari biografinya, beliau lahir 12 Agustus 1950, kalau zodiaknya Leo. Leo itu simbolnya macan dan tahun 50 itu shionya macan. Jadi ini memang macan tambah macan ibu Kambey. Mudah-mudahan jadi ‘macan’ betulan di DPRD Sulut,” terang Kandouw.

Baca Juga:  Rapat Virtual Banmus DPRD Sulut Bicarakan Paripurna Reses hingga Penyelesaian Ranperda Inisiatif

Terpisah, pengamat politik Jerry Massie mendorong Agustien Kambey tetap kritis menyuarakan aspirasi masyarakat meskipun berasal dari partai penguasa.

“Saya yakin ibu Stien akan tampil beda dengan sebagian besar anggota Fraksi PDI Perjuangan, bisa mengkritisi kebijakan pemerintahan terutama kebijakan SKPD yang tidak sesuai dengan kepentingan rakyat,” tukas Jerry Massie kepada wartawan Manadonews.co.id di Manado, Sabtu (9/1/2021).

Julukan macam yang disematkan Wagub Steven Kandouw, menurut Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) ranking ke-2 Top 10 Pengamat Politik Indonesia ini, menjadi tantangan sekaligus pembuktian Agustien Kambey.

“Jika bisa buktikan tantangan pak Wagub maka ibu Stien akan menjadi pasangan serasi bapak Jems Tuuk legislator yang terkenal vokal dan tak segan memberi kritik tajam kepada eksekutif. PDIP sekarang punya banteng dan macan ganas di gedung cengkih,” tukas Massie.

Agustien Kambey kepada wartawan usai paripurna PAW lalu mengaku saat menjabat Wakil Ketua DPRD Manado dijuluki sebagai macam.

“Karena segala sesuatu selalu saya sikapi. Salah yah salah dan benar adalah benar,” tandas Kambey.

Baca Juga:  Ini 10 Prioritas Pembangunan di Sulut Tahun 2019

Diketahui, Agustien Kambey menggantikan Andrei Angouw yang ditugaskan PDI Perjuangan maju sebagai calon Walikota pada Pilkada Kota Manado 9 Desember 2020.

Andrei Angouw yang berpasangan dengan Richard Sualang melalui pleno KPU Manado ditetapkan sebagai pemenang Pilkada. (JerryPalohoon)