Ditetapkan Jadi Bupati dan Wakil Bupati, Joune-Kevin: Pertandingan So Klar, Mari Jo Torang Bangun Minut!

MINUT, Manadonews.co.id  – Pasangan Joune Ganda dan Kevin Lotulung akhirnya ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), sebagai pemenang Pilkada Minut serentak 9 Desember 2020 dengan kemenangan telak.

Agenga Pleno terbuka penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih itu, dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara pada Kamis (21/1/2021) di Ballroom Hotel Sutan Raja Minut.

Adapun penetapan ditandai dengan pembacaan berita acara yang dibacakan oleh Ketua Divisi Teknis Bidang Penyelenggaraan KPU Minut, Stella Runtu.

Pasangan Joune-Kevin saat maju pada Pilkada Minut itu di usung oleh  PDIP, Perindo, Demokrat, PBB, Gerindra dan PKPI serta didukung PSI dan PPP, dengan total 18 kursi DPDR, berhasil menang telak dalam Pilkada 9 Desember dengan perolehan suara sebanyak 69,633.

Data akhir Pilkada Minut itu, Joune Ganda dan Kevin William Lotulung dinyatakan menang setelah meraih 69.633 suara dari total 121.387 suara sah. Sementara Berdasarkan perhitungan, JG-KWL unggul di 9 dari 10 kecamatan yakni di Kecamatan Kema 5176, Kauditan 10112, Airmadidi 8164, Wori 8016, Likbar 6391, Liktim 6385, Kalawat 10709, Talawaan 5868 dan Liksel 1918.

Baca Juga:  New Normal, Begini Suasana Pantai Malalayang di Hari Libur

Paslon JG-KWL hanya kalah di Kecamatan Dimembe, di mana mereka hanya meraih 6904 suara, sedangkan SS-JL berhasil meraup 7420 suara.

Sementara itu pihak KPU Minut mencatat bahwa pada Pilkada serentak di Minut itu,  Total ada 125.298 pemilih yang berpartisipasi dalam Pilkada serentak 9 Desember 2020, di mana dari angka tersebut jumlah suara sah mencapai 121.387 dan 3.911 suara yang tidak sah atau rusak.

Meskipun sempat molor beberapa jam, kegiatan Pleno terbuka penetapan Bupati dan Wakil Bupati Minut yang dihadiri oleh komisioner KPU Minut, Bawaslu Minut unsur Forkopimda Minut dan para petinggi Partai Politik peserta itu berlangsung sukses.

Bupati Minut terpilih Joune Ganda didampingi Wakilnya Kevin William Lotulung dalam pidato perdananya pada kesempatan itu, antara lain menegaskan pleno penetapan ini merupakan satu tahapan penting dalam proses Pilkada yang memiliki kekuatan hukum tetap dan penting yang harus dihargai seluruh pihak.

“Atas nama pribadi, keluarga dan partai pengusung kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak KPU dan Bawaslu Minut selaku dua lembaga penentu keberhasilan Pilkada 9 Desember 2020 di Minut. Dan kepada seluruh masyarakat Minut yang telah berpartisipasi sehingga seluruh tahapan Pilkada berjalan dengan lancar dan aman.”ujar Joune sambil menegaskan bahwa ajang pilkada telah selesai dan sebagai pemenangan dia bersama Kevin telah menjadi milik masyarakat Kabupaten Minahasa Utara.

Baca Juga:  Sri Wahyumi Manalip: Musik Ungkapan Isi Hati Warga Gereja

Pada akhir Pidatonya Joune Ganda mengajak dua pasanga calon lawan pada Pilkada Minut untuk mengakhiri persaingan dan bersama-sama membangun Minut.

“Saya bersama Kevin dengan hati tulus dan tangan terbuka menerima siapa saja yang ingin dan berkomitmen berkontribusi membangun Kabupaten Minut pada masa yang akan datang.”tandas suami tercinta dari Risya Ganda Davega.(nando)