Ini Pesan Caroll Senduk kepada Peserta Seleksi dan Pelatihan Paskibraka

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias SendukN SH membuka secara resmi kegiatan penyelenggaraan seleksi dan pelatihan Paskibraka Kota Tomohon tahun 2021, bertempat di stadion Babe Palar, Rabu (3/3).

Dalam sambutan sekaligus memberikan pengarahan, Wali Kota Senduk mengatakan pembangunan kepemudaan bertujuan untuk mewujudkan pemuda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggungjawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa bela negara dan Pancasilais dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia,” paparnya.

Tujuan pembangunan kepemudaan tersebut, kata Wali Kota, dapat diwujudkan melalui peningkatan prestasi dan peran aktif pemuda dalam berbagai bidang pembangunan dengan menunjukkan dedikasi yang tinggi dan mental yang kuat, serta berani mengambil keputusan yang tepat bagi upaya mengatasi masalah yang dihadapi.

“Pelatihan Paskibraka ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan pembangunan kepemudaan tersebut,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, pelatihan ini juga untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan jiwa pemuda melalui kepemimpinan dan siapa yang terbaik merekalah yang akan terpilih.

Baca Juga:  Eman Cs bawa Buku APBD ke Kementrian Keuangan.

“Oleh karena itu semuanya harus diperjuangkan sejak dini, harus benar-benar memerlukan pengorbanan, niat, tekad dan kerja keras yang tinggi dari para peserta seleksi. Karena menjadi anggota Paskibraka tidak hanya untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab menaikkan dan menurunkan bendera merah putih, tetapi mengamalkan apa yang diperoleh selama mengikuti proses pelatihan, untuk diaplikasikan saat upacara penaikan dan penurunan bendera merah putih di tanggal 17 Agustus serta acara penting lainnya,” ulas Wali Kota.

Pelatihan pasukan pengibar bendera merupakan wahana yang sangat tepat untuk membina mental dan disiplin generasi muda penerus kepemimpinan. Mengingat prosesnya yang sangat selektif, maka kepada seluruh calon Paskibraka agar mempersiapan fisik dan psikis yang baik.

“Jaga kedisiplinan terkait waktu, pakaian, dan apa saja yang diinstruksikan oleh pelatih,” tukasnya.

Imbuhnya, seorang Paskibraka harus sehat, cerdas, memiliki sopan santun, dan harus jauh dari narkoba, sehingga bisa menjadi contoh dan teladan bagi anak-anak muda yang lain.

”Kami sangat mengharapkan ada di antara kalian yang bisa terpilih untuk menjadi perwakilan Kota Tomohon di tingkat Provinsi Sulawesi Utara bahkan dapat lolos ke tingkat nasional untuk bertugas di Istana Negara pada tanggal 17 Agustus 2021,” ucapnya.

Baca Juga:  Danau Tondano Masuk Prioritas Pusat

Wali Kota sangat berharap dukungan penuh dari orang tua dan semua pihak terkait dengan pelaksanaan seleksi dan pelatihan pasukan pengibar bendera tahun 2021.

“Saya juga meminta agar panitia pelaksana seleksi benar-benar selektif dan penuh kesungguhan serta senantiasa mengutamakan objektifitas, agar hasil yang didapat nanti benar-benar berkualitas,” katanya.

Sekedar infomasi saja bahwa Hal yang paling utama dalam perbedaan paskibra dan paskibraka adalah tugas mereka. Paskibra bertugas untuk mengibarkan bendera di sekolah. Sementara paskibraka bertugas mengibarkan duplikat bendera pusaka pada tingkat Kota, Kabupaten dan Provinsi.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs Johny Runtuwene DEA, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Tomohon Drs Ventje Karundeng serta para peserta pelatihan.

Yunita Rotikan