BPBD Sulut: Kita Siapkan Sarana Prasarana

Manado, MANADONEWS – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut Joy Oroh mengatakan bahwa, pihaknya sudah mulai menyiapkan sarana dan prasarana serta peralatan untuk mengantisipasi jika terjadinya badai siklon tropis.

“Jadi semua sarana prasarana baik milik pemerintah maupun pihak swasta sudah disiapkan. Kemudian mobilisasi serta logistik sudah juga disiapkan. Serta jalur-jalur evakuasi yang telah kita sampaikan ke 15 kabupaten/kota, untuk segera menyiapkan. Pemprov akan mendukung semua upaya-upaya pencegahan tersebut,” kuncinya.

Diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi  Sirkulasi Sistem Tekanan Rendah di Utara Papua telah berkembang menjadi Depressi Tropis (TD) dan saat ini telah menjadi Badai Tropis “SURIGAE” yang bergerak ke arah Barat Laut mendekati wilayah Filipina.

Terjadi penigkatan kecepatan angin rata-rata di wilayah Utara Sulawesi dan Sekitarnya yaitu berkisar 8 – 20 knot. Awan-awan konfektif yang mengandung hujan masih terbentuk di daerah pertemuan massa udara yaitu di Utara Sulawesi, Maluku Utara dan Utara Papua. Tinggi Gelombang kategori sedang di Laut Sulawesi, Perairan Kepulauan Sitaro, Sangihe dan Talaud, Laut Maluku dan Pesisir Selatan Sulawesi Utara.

Baca Juga:  Wakili Walikota dan Bupati se-Indonesia, Tatong Bara Jadi Narasumber Diskusi Daring TPB dan Covid-19

Badai Tropis “SURIGAE” diprakirakan akan berkembang menjadi Badai Tropis Kuat (STS) dan bahkan Typhoon (TY) pada 16 April. Kecepatan angin di utara Sulawesi dan sekitarnya cenderung meningkat secara bertahap hingga puncaknya pada 18 April. Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang untuk sepekan kedepan. Tinggi gelombang laut mengalami peningkatan hingga puncaknya pada 18 April.(***)