Bukan hanya Manado, Anggaran Pusat untuk Proyek Strategis juga Sasar Daerah-daerah Ini

Manado – Selain Manado, beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kecipratan anggaran pembangunan dari pemerintah pusat untuk sejumlah proyek strategis.

Proyek strategis di luar Kota Manado yang pembangunannya disetujui pemerintah pusat melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, dijelaskan Gubernur Olly Dondokambey, di antaranya pembangunan jalan lingkar Pulau Karakelang dan pembangunan tanggul pengaman pantai di Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

“Pembangunan tanggul pengaman sungai Andagile Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan pemenuhan energi listrik di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sangihe dan Talaud,” terang Olly Dondokambey pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 Provinsi Sulut yang dilaksanakan di Manado, Rabu (21/4/2021).

Bantuan lainnya, feasibility study pembangunan jalan alternatif Manado-Tomohon.

“Termasuk pembangunan melalui kerjasama pemerintah, perguruan tinggi, dan pihak swasta yaitu Triple-Helix pembangunan ketahanan pangan (food estate) untuk industri peternakan sapi dengan lokus Kabupaten Bolaang Mongondow Utara,” tandas Olly Dondokambey.

Gubernur Olly Dondokambey menambahkan, RKPD 2022 adalah bagian dari pencapaian visi misi besar RPJMD 2021-2026 menuju “Sulawesi Utara Maju dan Sejahtera sebagai Pintu Gerbang Indonesia ke Asia Pasifik”, dengan 5 misi pembangunan.

Baca Juga:  Silangen Tegaskan Proses Pengurusan Izin UKM dan IKM Jangan Dipersulit

“Peningkatan kualitas manusia Sulawesi Utara, penguatan ekonomi yang bertumpu pada industri pertanian, perikanan, pariwisata dan jasa, pembangunan infrastruktur dan perluasan konektivitas, pembangunan daerah yang berkelanjutan lingkungan, dan pemerintahan yang baik dan bersih, didukung oleh sinergitas antar daerah,” kata Dondokambey.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas RI, Suharso Monoarfa, didaulat membuka Musrenbang RKPD 2022 Provinsi Sulut secara virtual, didampingi Staf Ahli Menteri Bidang Hukum dan Kesatuan Bangsa Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro dan Plt. Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas Leonard Tampubolon.

Hadir secara langsung jajaran Forkopimda Sulut, Wagub Steven Kandouw, Sekdaprov Edwin Silangen dan para bupati/walikota se-Sulut. (JerryPalohoon)