Resmi Dikukuhkan, Ini Harapan Wali Kota Caroll Senduk ke Pokdakan Masmur

  • Whatsapp

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Wali Kota Tomohon yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Enos Pontororing, M.Si. mengukuhkan kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Masmur Kelurahan Woloan Tiga yang bertempat di Persawahan Wanambawa Kelurahan Woloan Tiga Kecamatan Tomohon Barat, Selasa (25/5).

Dalam sambutan yang dibawakan Pontororing, Wali Kota mngucapkan selamat atas pengukuhan kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) masmur (=mas, mujair) karena telah mendapatkan legalitas sebagai kelompok pembudidaya.

“Harapan kita semua kelompok ini dapat mengemban amanah dalam pembudidayaan ikan demi kesejahteraan pokdakan dan masyarakat yang ada di kelurahan Woloan III dan Kota Tomohon pada umumnya,” ungkap Wali Kota.

Perikanan budidaya, kata Wali Kota, merupakan salah satu komponen yang penting di sektor perikanan.

“Hal ini berkaitan dengan perannya dalam menunjang persediaan pangan masyarakat, penciptaan pendapatan dan lapangan pekerjaan serta mendatangkan penerimaan negara dari ekspor. sehingga perikanan di indonesia khususnya kota tomohon tetap menjadi primadona dan sebagai tulang punggung perekonomian nasional maupun daerah,” tukasnya.

Baca Juga:  Lesly Kaligis Jabat Ketua Tim Penggerak PKK Bolmong

Lanjut Wali Kota, pembangunan usaha perikanan selalu menjadi prioritas, termasuk Kota Tomohon yang menetapkan sektor ini sebagai salah satu sektor unggulan guna mendukung misi pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di berbagai sektor dan dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan.

“Maka diperlukan keseriusan dan sumber daya manusia yaitu pelaku usaha perikanan dan penyuluh perikanan yang handal untuk mengelola sumber daya alam bagi kesejahteraan,” harapnya.

Dewasa ini lahan perikanan semakin berkurang karena adanya kegiatan konversi lahan untuk pemenuhan kebutuhan hidup seperti pemukiman dan tempat usaha baru, kepariwisataan begitu juga dengan jumlah pertumbuhan penduduk yang terus bertambah. maka upaya memaksimalkan fungsi lahan perikanan harus diprioritaskan guna memenuhi kebutuhan pangan lokal. berkaitan dengan hal tersebut maka kelompok pelaku usaha perikanan selaku SDM pengelola perikanan harus mendapat perhatian, arahan dan pendampingan sebagai motivasi untuk terus berinovasi guna meningkatkan produktivitas, usaha dan hasil perikanan agar tercapainya peningkatan kesejahteraan.

“Melalui kepengurusan kelompok ini kiranya memahami tiga fungsi utama keberadaannya yaitu pengurus harus bisa menjalankan fungsi advokasi, pendampingan dan pembelaan terhadap berbagai kepentingan anggota kelompok pembudidaya ikan di semua sektor.,” ucapnya.

Baca Juga:  Pelajaran Berharga Soal Perempuan dari Perayaan Paskah

Fungsi pembinaan dan bimbingan perlu diberikan kepada pokdakan sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Fungsi motivator serta dinamisator diperlukan untuk dapat memberi motivasi dan pemahaman kepada seluruh stake holder perikanan, sehingga sinergi yang tercipta dapat semakin memajukan dunia perikanan.

“Kini kita semua sebagai anggota dan pengurus kelompok pembudidaya ikan harus paham dan menyesuaikan dengan berbagai ketersediaan teknologi yang senantiasa menunjang kegiatan perikanan. karena melalui sentuhan teknologi perikanan dan penerapannya, maka akan memberikan hasil panen yang lebih baik sekaligus memberikan kemudahan, efisiensi dan efektivitas sehingga biaya produksi dapat ditekan, dan pendapatan pelaku usaha perikanan akan bertambah. Saya berharap agar kelompok pembudidaya ikan masmur (mas mujair) ini benar-benar menjadi wadah bagi pelaku usaha perikanan untuk memperoleh wawasan luas mengenai perikanan dengan penguasaan teknologi, akses permodalan dan pemasaran. serta meningkatkan sumber daya manusia dan peningkatan kesejahteraan para pelaku usaha perikanan,” tuturnya.

Turut hadir Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Steven Waworuntu, SSTP., Camat Tomohon Barat John Gigir, MPd., Lurah Woloan Tiga Yohanis Runtu, S.E dan Pengurus kelompok tani beserta anggota.

Baca Juga:  Lomban Buka FGD Penyusunan Perda Pengurangan Sampah Plastik

Yunita Rotikan

Pos terkait