Upacara Virtual Harla Pancasila, Jokowi dan Olly-Steven Kenakan Pakaian Adat

  • Whatsapp

Manado, MANADONEWS –
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021secara, Selasa (1/6).

Jokowi sendiri bertindak selaku inspektur upacara dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, sedangkan pelaksanaan upacara dipusatkan di halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI, DKI Jakarta, yang diikuti oleh peserta dengan jumlah terbatas.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw beserta Forkompinda Sulut juga hadir secara virtual di kantor Bupati Minahasa Utara.

Uniknya baik Jokowi maupun Olly maupun Steven terlihat mengikuti upacara dengan mengenakan pakaian adat dari Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan dilengkapi dengan masker bewarna hitam, sementara Olly Dondokambey sendiri menggenakan pakaian adat Minahasa.

Jalannya upacara diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara yang dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.

Rangkaian selanjutnya adalah pembacaan teks Pancasila oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo yang diikuti oleh pembacaan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945) oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani.

Baca Juga:  Rayakan HKN Ke 54, Dinkes Kotamobagu Melakukan Pelayanan Kesehatan Gratis

Kemudian Presiden Jokowi selaku inspektur upacara menyampaikan amanat yang dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengusung tema “Pancasila dalam tindakan bersatu untuk Indonesia tangguh”.

Turut mengikuti upacara di halaman Gedung Pancasila antara lain Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi selaku tuan rumah dan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi.

Upacara juga diikuti secara virtual oleh sejumlah pejabat negara di kediaman masing-masing, antara lain Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin, Presiden ke-5 Republik Indonesia sekaligus Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri, dan Wapres ke-6 Try Sutrisno

Bertindak selaku perwira upacara Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya yang saat ini bertugas sebagai Kepala Staf Komando Garnisun I Jakarta, sedangkan sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel Infanteri Muhammad Imam Gogor, asisten operasi Paspampres.

Olly sendiri usai upacara menyampaikan hari lahir Pancasila sudah jelas yakni pada tanggal 1 Juni. Hal ini disampaikan Olly karena telah menjadi polemik dimana-mana terkait kapan tepatnya hari lahir Pancasila tersebut.

Baca Juga:  Berita Duka: Dr. Sinyo Harry Sarundajang Wafat

“Harapannya dengan ditetapkannya 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila, semakin rakyat mengetahui bahwa Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa,” tegas Olly.

(Youngky)

Pos terkait