Instalasi Promkes dan Pemasaran RSUP Kandou Gelar Edukasi Kesehatan Awam Khusus untuk Sekolah

  • Whatsapp

MANADO, Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran Rumah Sakit Kandou menggelar Edukasi Kesehatan awam yang dikhususkan untuk sekolah-sekolah pada Selasa pagi (16/6). Kegiatan edukasi kesehatan yang dibuka secara langsung oleh Direktur Utama RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado, Dr. dr. Jimmy Panelewen, Sp.B-KBD dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom webinar Youtube yang mengangkat tema “You Are Not Alone” (Bijak Media Sosial, Anti – Bullying, dan Depresi pada Remaja).

Sementara itu, dr. Henny Liwe, M.Kes selaku Moderator dalam Webinar tersebut memperkenalkan 3 narasumber berkompeten pada bidang masing-masing yang juga merupakan staf di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado yakni dr. Ronal Rompies, Sp.A, menjadi narasumber pertama membawakan materi tentang Bijak Media Sosial pada Remaja. Dalam materi tersebut, dr. Ronal Rompies, Sp.A, menyampaikan bahwa ada 31% orang berpikir positif terhadap medsos, 45% berpikir positif / negative terhadap medsos, dan 24% berpikir negative terhadap medsos. Pada sesi yang kedua, Ibu Hannah Monareh, M.Psi, Psikolog Klinik membawakan materi mengenai “Anti – Bullying”. Dalam materinya Ibu Hannah Monareh menyampaikan bahwa ada beberapa faktor penyebab perilaku Bullying yakni Keluarga, Sekolah, Kelompok, dan Media Sosial. Sesi ketiga diisi oleh dr. Anita Elisabet Dundu, Sp.KJ yang membawakan materi mengenai “Depresi Pada Remaja”.

Baca Juga:  Tatong : Tahun Depan Peringatan Pramuka Sedunia Akan DIlaksanakan Se-BMR

Dalam materi yang di sampaikan oleh dr. Anita Elisabet Dundu, Sp.KJ bahwa terdapat beberapa faktor penyebab Depresi pada remaja yaitu Faktor Genetik, faktor biologis, tekanan social, trauma, kebiasaan berpikir negative, masalah keluarga, dan masalah hubungan interpersonal.
Kepala instalasi promosi kesehatan dan pemasaran Rumah Sakit Kandou Manado dr Sekplin Sekeon, SpS, MPH Menutup kegiatan Dengan mengucapkan terima kasih kepada Direktur Utama RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado, Dr. dr. Jimmy Panelewen, Sp.B-KBD bersama jajaran Direksi, Ketua Yayasan Pendidikan Katolik Keuskupan Manado Pastor Revi Rafael Tanod, Pr, Pastor Rojal Jabanase, Pr yang sudah membuka dengan doa, para Narasumber, para peserta Webinar yang ikut berpartisipasi dalam acara edukasi kesehatan serta tim panitia.

Adapun sekolah-sekolah yang mengikuti kegiatan ini adalah SMP Don Bosco Bitung, SMA Don Bosco Bitung ,SMK Maritim Polaris Bitung, SMP St Fransiskus Xaverius Kema, SMA St Fransiskus Xaverius Kema, SMP St Maria Goretti Lembean, SMA Don Bosco Lembean ,SMP St Petrus Tumaluntung, SMP St Johanis Laikit, SMP St Fransiskus de Salles Kokoleh, dan SMA St Fransiskus de Salles Kokoleh. (Benyamin)

Baca Juga:  Benteng Trisakti PDI Pro Mega Penggagal Kongres Palu Anjangsana ke Panti Asuhan

Pos terkait