Sulut Salah-satu Provinsi dengan Penderita Diabetes Mellitus Tertinggi di Indonesia

  • Whatsapp

Manado – Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP Kandou mengadakan Edukasi Kesehatan seperti penyuluhan kepada pasien dan keluarga pasien yang datang untuk berobat pada  Rabu, (16/6) . Kegiatan Penyuluhan ini dilaksanakan di Poliklinik Bedah RSUP Kandou dengan materi penyuluhan “Diabetic retinopathy”.

Dalam kegiatan Penyuluhan ini dr. Ade John Nursalim, MM, MARS, Sp.M selaku narasumber kesehariannya
adalah dokter mata di divisi vitreoretina, Poliklinik mata RSUP Prof. dr. R D Kandou menyampaikan bahwa penyakit diabetes juga bisa berdampak pada mata dengan gejala penglihatan kabur, Floaters, Kehilangan penglihatan progresif tanpa nyeri.

Lebih lanjut ia menjelaskan statistic dan faktor risiko terjadinya kerusakan retina akibat diabetes mellitus. Mengingat provinsi Sulawesi utara merupakan salah satu provinsi dengan tingkat diabetes mellitus tertinggi di Indonesia.

“Kerusakan retina akibat diabetes dapat mengenai 50% pasien diabetes mellitus dalam waktu 10 tahun dan 90% pasien diabetes mellitus dapat terkena penyakit retina dalam waktu 30 tahun jika tidak di tangani dengan baik. Faktor risiko lain seperti gula darah yang tidak terkontrol, kehamilan, tekanan darah tinggi, gangguan ginjal, merokok dan sebagainya dapat meningkatkan risiko terkenanya kerusakan retina akibat diabetik,” ujar dr. Ade John Nursalim

Baca Juga:  Resmikan Kantor Desa T3, JS: Masyarakat Harus Berbangga

Kerusakan mata akibat diabetic dapat di cegah dengan memeriksakan mata pada dokter spesialis mata dan mendapatkan penanganan yang baik segera. Pengetahuan yang baik akan penyakit ini di harapkan dapat meningkatkan kualitas penglihatan dan kualitas hidup masyarakat.

Para audiens sangat antusias dengan materi yang dibawakan oleh narasumber, beberapa orang memberikan pertanyaan seputar permasalahan kesehatan mata yang di derita dan fenomena – fenomena yang terjadi di masyarakat. Pertanyaan di jawab dengan baik oleh narasumber.

Menutup kegiatan ini kepala instalasi promosi kesehatan dan pemasaran, dr Sekplin, Sekeon, Sp.S, MPH. menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada narasumber, seluruh pasien dan keluarga yang mendampingi pasien telah berkenan mengikuti edukasi kesehatan.

“kami dari instalasi promosi kesehatan dan pemasaran menyampaikan terimakasih atas waktu dan kesempatannya. Semoga kegiatan hari ini dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan bapak ibu dalam bidang ilmu kesehatan mata” tandas dr Sekplin kepala instalasi Promkes RSUP Kandou.

(Benyamin)

Pos terkait