Di Perkebunan Patar Tondangow, Caroll Senduk Sebut Enam Hal yang Perlu Diperhatikan oleh Poktan

  • Whatsapp

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Bertempat di Perkebunan Patar, Kelurahan Tondangow, Kecamatan Tomohon Selatan, Jumat (25/6), Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH mengukuhkan lima Kelompok Tani (Poktan) Kelurahan Tondangow Kecamatan Tomohon Selatan, yakni Poktan Pinahtututu, Tember, Victory, Esan Genang dan Poktan Patar.

Sikap pro aktif masyarakat dalam membentuk Poktan mendapat apresiasi dari Wali Kota.

Dikatakan Wali Kota, semakin banyak Ppktan terbentuk dan dikukuhkan maka lahan-lahan tidur semakin sedikit.

“Saya mengucapkan selamat atas dikukuhkannya kelompok-kelompok tani di kelurahan Tondangow. Semoga kepengurusan ini dapat mengelola dan membina kelompok tani untuk meningkatkan kesejahteraan petani di kelurahan tondangow,” ujar Wali Kota mengawali sambutan.

Kata Wali Kota, Pemerintah Kota Tomohon akan terus mendorong setiap kreatifitas dan motivasi para petani untuk tetap memajukan pertanian yang adalah sektor andalan dalam menopang perekonomian nasional maupun daerah.

“Oleh karena itu, pembangunan pertanian menjadi prioritas utama yang ditetapkan sebagai salah satu sektor unggulan yang senantiasa mendukung arus perdagangan dan perputaran ekonomi, industri serta kepariwisataan di kota tomohon dan sulawesi utara pada umumnya. Hal ini sesuai dengan visi kami : Tomohon maju, berdaya saing dan sejahtera, dengan misi ke empat: memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Baca Juga:  Warga Desa Dalapuli Timur Dapat Pelatihan Kerajinan Tangan UKM

Ia berharap agar para kelompok tani bersama anggotanya benar-benar menjadi wadah bagi petani untuk memperoleh pengetahuan dan wawasan luas mengenai pertanian dengan penguasaan teknologi pertanian terkini, akses pupuk dan permodalan serta pemasaran hasil.

“Karena itu dalam meningkatkan usaha pertanian maka kita diharapkan agar bekerja sama dan sama-sama bekerja bagi peningkatan perekonomian masyarakat. Karena mengelolah lahan pertanian, hasilnya bukan hanya untuk konsumsi individu atau kelompok saja tetapi sekarang merupakan kebutuhan hidup dan kesejahteraan. Kelompok tani era sekarang sudah saatnya mengubah paradigma dan melakukan terobosan dimana kita harus berpikir produktif dalam menanam, selektif memilih jenis tanaman pertanian, varietas unggul dan melihat prospek pasar serta menggunakan teknologi tepat guna,” urainya.

Lanjutnya, yang harus diperhatikan dan untuk dilaksanakan Poktan yakni : 1. Petani agar dapat memanfaatkan lahan yang telah ditentukan maupun lahan tidur untuk diolah secara optimal khususnya untuk pengembangan tanaman pangan. 2. Memanfaatkan, memelihara alat-alat dan mesin pertanian agar bisa beroperasi dengan baik, untuk kepentingan kelompok di wilayah masing-masing dan sekitarnya. 3. Tingkatkan kebersamaan kelompok dalam upaya memecahkan permasalahan kelompok tani terutama dalam pengendalian hama. dalam kegiatan penanaman agar mengikuti ketentuan teknis budidaya, antara lain penggunaan pupuk organik dan pupuk kimia yang berimbang, benih unggul serta pelaksanaan pengendalian hama dan penyakit tanaman. 4. Dalam kondisi iklim yang berubah agar dapat menyesuaikan pola tanam dan penentuan jenis komoditas. 5. Selalu berkoordinasi dengan petugas terkait baik penyuluh di kelurahan, kecamatan maupun dinas terkait 6. Petani ikut andil dalam memelihara dan mengamankan kelestarian lingkungan alam sekitar.

Baca Juga:  Chairul Tanjung Tanamkan Investasi di Sulut

Dalam kesempatan ini Walikota juga melakukan penanaman perdana benih Jagung manis varian baru untuk kelompok Tani ini.

Tampak hadir Ketua TP PKK Kota Tomohon Ny drg JeanD’arc Karundeng, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs Jhony Runtuwene DEA, anggota DPRD Kota Tomohon Noldie Lengkong, jajaran pemerintah Kota Tomohon dan para anggota kelompok Tani yang baru dikukuhkan. 

Pos terkait