AA-RS Turlap Perumahan Relokasi Korban Banjir di Pandu, Yaa Ampun Permasalahannya Menumpuk! Walikota Janji Carikan Solusi

  • Whatsapp

Manado – Pemkot Manado dipimpin Walikota Andrei Angouw dan Wawali Richard Sualang merasa perlu melakukan ‘penertiban’ warga yang mendiami perumahan relokasi korban bencana banjir Manado 2014 lalu.

Bacaan Lainnya

Usai melaksanakan rapat bersama instansi teknis terkait, Selasa (27/7/2021), Walikota Andrei Angouw dan Wawali Richard Sualang bersama rombongan, melakukan pengecekan langsung ke lokasi perumahan di Kelurahan Pandu, Kecamatan Bunaken tersebut.

Dari hasil pantauan langsung ditambah informasi dari pejabat SKPD terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), diperoleh informasi bahwa banyak unit rumah dihuni oleh bukan pemilik dengan alasan sudah dibeli, disewa, hanya menjaga rumah dan alasan lainnya.

Informasi lainnya diperoleh dari pihak pemerintah kecamatan dan kelurahan, masih banyak unit rumah tidak dihuni karena pemiliknya hanya sekali-kali datang. Hal tersebut menimbulkan kecemburuan warga Pandu dan sekitar yang belum memiliki rumah.

Baca Juga:  Unggul Suara di Pleno KPU Manado, Andrei Angouw Berterima Kasih kepada Pihak-pihak Ini, Pengamat Ikut Berkomentar

Menerima informasi dan masukan, Walikota Andrei Angouw meminta untuk disampaikan kepada masyarakat pemilik segera menempati rumah bantuan tersebut.

“Nama-namanya harus diverifikasi lagi terutama soal kepemilikan rumahnya termasuk tempat lamanya di mana,” kata Andrei Angouw.

Ketika berada di lokasi, Andrei Angouw melihat kondisi fisik perumahan termasuk infrastruktur jalan, fasilitas listrik dan air bersih yang belum terlayani secara menyeluruh.

Masalah lain ditemukan, secara administrasi perumahan relokasi banjir tersebut belum terdaftar sebagai kelurahan sehingga hingga saat ini tidak memiliki kepala lingkungan.

Walikota Andrei Angouw berjanji akan mempelajari semua permasalah untuk dicarikan solusi terbaik.

Ikut mendampingi Andrei Angouw dan Richard Sualang pada kunjungan lapangan ini, Asisten I Heri Saptono, Kepala BPBD Donald Sambuaga, Camat Bunaken dan Lurah Pandu, anggota DPRD Manado Billy Gosal dan Jean Sumilat.

Diketahui, pasca bencana banjir besar 15 Januari 2014 lalu, pemerintah melakukan relokasi ribuan warga yang mendiami sejumlah Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kota Manado ke perumahan di Kelurahan Pandu.

Baca Juga:  Kepala Dinas Usul Bangun Gedung Begini, Jawaban Andrei Angouw Mengerikan

Ribuan unit rumah dibangun di atas lahan milik Pemprov Sulut menggunakan anggaran ratusan miliar rupiah bantuan pemerintah pusat.

(JerryPalohoon)

Pos terkait