Polda Sulut Latih 410 Bintara jadi Tenaga Tracer untuk Menangkal Covid-19

  • Whatsapp

Manado – Sebanyak 410 Bintara remaja Polda Sulawesi Utara (Sulut) lulusan 2020 dan 2021, dilatih menjadi Tenaga Tracer Covid-19.

Bacaan Lainnya

Pelatihan Tenaga Tracer tersebut dibuka langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana didampingi Wakapolda Brigjen Pol Rudi Darmoko, Selasa (27/7/2021) pagi, di Ruang Catur Prasetya Mapolda.

Pelatihan yang diprakarsai oleh Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Sulut ini, juga diikuti oleh 200 personel Polresta dan Polres jajaran serta Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri secara virtual, melalui video conference. Sementara itu Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan, pelatihan Tenaga Tracer ini berlangsung selama 3 hari, hingga tanggal 29 Juli.

“Dengan tenaga pelatih dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, serta anggota Polri yang sudah mengikuti pelatihan Tracer di Mabes Polri,” ujar Irjen Nana Sudjana.

Lanjut dia, pelatihan ini menindaklanjuti instruksi Presiden dan Kapolri, mengingat penyebaran Covid-19 mengalami peningkatan yang cukup signifikan termasuk di wilayah Sulut, sehingga perlu adanya penambahan Tenaga Tracer di masing-masing wilayah.

Baca Juga:  Sulut tak Ada Pemberlakuan Jam Malam

“Setelah mengikuti pelatihan, seluruh Bintara remaja tersebut akan disebar ke daerah-daerah terutama yang menerapkan PPKM Level 3 maupun Level 4, dan akan ditempatkan hingga ke tingkat Kecamatan atau Polsek,” jelasnya.

Tugas dari Tenaga Tracer ini, sambung Irjen Pol Nana Sudjana, adalah melakukan pelacakan terhadap masyarakat yang melakukan kontak erat dengan orang yang terpapar Covid-19.

“Kemudian dalam melakukan tugas pelacakan, Tenaga Tracer ini bekerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat,” terang Irjen Nana Sudjana.

Diketahui, Polda Sulut sebelumnya telah memiliki 783 Tenaga Tracer di seluruh Polresta dan Polres jajaran, terdiri dari 483 Bhabinkamtibmas dan 300 Anggota Polri lainnya yang sudah mengikuti pelatihan.

“Ini merupakan wujud komitmen Polri dalam hal ini Polda Sulut dan jajaran untuk mendukung Program Pemerintah terkait kebijakan PPKM dengan mengedepankan Tenaga Tracer, demi menekan laju penyebaran virus corona di tengah masyarakat,” pungkas Irjen Pol Nana Sudjana.

Turut hadir dalam pelatihan yakni para Pejabat Utama Polda Sulut dan Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sulut C. Ririmasse.

Baca Juga:  Pesan Steven Kandouw kepada ASN Pemkab Sitaro: Jaga Integritas, Jauhkan Pikiran Rampok

(***/Benyamin)

Pos terkait