Wali Kota Maurits Mantiri Damping Gubernur Olly Dondokambey Tinjau Kesiapan RS Darurat Covid-19 Kota Bitung

  • Whatsapp

Bitung,MANADONEWS.co.id- Wali kota, Bitung Ir. Maurits Mantiri M.M. dan Wakil Wali kota Hengky Honandar S.E. mendampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, S.E. dan Kapolda Sulut Pol. Drs. Nana Sujana, M.M., dalam peninjauan RS Darurat Kota Bitung, Selasa (27/07/2021).

Adapun RS Darurat Covid-19 ini memanfaatkan salah satu tower Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Kelurahan Sagerat Weru Satu, Kecamatan Matuari, Kota Bitung.

“Keberadaan rumah sakit ini guna mengantisipasi serta kesiapan penangganan pasien Covid-19 yang akhir-akhir ini terus jumlah melonjak.”kata Wali Kota Maurits Mantiri.

Dia menambahkan, sehubungan dengan penetapan PPKM level IV bersama Kabupaten Minut dan Minahasa, maka dia berharap agar seluruh elemen masyarakat kota Bitung lebih disiplin lagi dalam penerapan prokes covid-19.

“Percepatan pencegahan penularan serta upaya mengatasi dampak Pandemi covid-19 kunci utama adalah dukungan masyarakat dengan kesadaran tinggi melaksanakan prokes covid-19 dimana saja berada sesuai anjuran pemerintah.”tandas Maurits.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr. Pitter Lumingkewas dalam laporan singkatnya, menerangkan, dalam satu tower Rusunawa ini terdapat sekitar 96 kamar yang dilengkapi dengan fasilitas toilet, air bersih, instalasi listrik serta instalasi limbah.

Baca Juga:  PNS Polda Sulut Ziarah ke TMP Kairagi

Selain itu juga Lumingkewas,juga terdapat fasilitas ruangan yang ke depan bisa digunakan untuk kantor serta ruang perawatan, farmasi, laboratorium, ruang tenaga kesehatan, dapur/gizi, kamar jenazah, dan tempat parkir.

“Pemkot Bitung akan secepatnya melengkapi fasilitas serta instalasi yang dibutuhkan antara lain kelengkapan ruang perawatan pasien, pelayanan medis, farmasi dan laboratorium,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE sesaat usai peninjauan, mengatakan, pemanfaatan Rusunawa Sagerat ini sebagai RS Darurat Covid-19 merupakan kesepakatan antara Pemprov Sulut dengan Pemkot Bitung.

“Untuk menunjang ketersediaan tempat tidur pasien Covid-19, kita siapkan benar-benar. Apabila RSUD Bitung sudah penuh, sebagian pasien nantinya bisa dirawat di RS Darurat ini,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Olly Dondokambey menyatakan pihak Pemprov Sulut siap membantu melengkapi fasilitas RS Darurat Covid-19 di Kota Bitung ini.

Gubernur pun berharap, mudah-mudahan RS Darurat Covid-19 di Bitung ini tidak sempat digunakan. “Walaupun sudah kita persiapkan, tetapi kita berdoa supaya tidak digunakan,” pungkasnya berharap.

Kegiatan dirangkaikan dengan penandatanganan Surat Penetapan RS Darurat Covid-19 Rusunawa Sagerat oleh Gubernur Sulut dan Walikota Bitung Maurits Mantiri dan peninjauan pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi di Puskesmas Sagerat Bitung.

Baca Juga:  Capaian Vaksinasi di Kota Tomohon Terus Meningkat

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekprov Sulut Edwin Silangen, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, Kapolres Bitung AKBP Indrapramana beserta jajaran, Kadis DLH dan Kaban BPBD Kota Bitung dan Camat Matuari Sefferson Sumampouw.(nando)

Pos terkait