Peduli Penghijauan, Rio Dondokambey Tanam Pohon di Sekitar Danau Tondano

  • Whatsapp

Tondano, MANADONEWS – Ketua Komisi Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Utara (Sulut) Rio Dondokambey melakukan penanaman pohon di sekitaran Danau Tondano, Jumat (20/8).

Rio bersama Ketua KPDT yang juga Wakil Kejaksaan Tinggi Sulut Fredy Runtu SH, Rektor Unima, Prof DR Deitje Adolfien Katuuk MPd dan Kepala Balai Sungai Wilayah Sulawesi Satu Ir Bastari, M Eng, menanam dengan berbagai macam jenis pohon buah.

Penanaman pohon dilakukan sebagai wujud dukungan terhadap program penghijauan di sekitar Danau Tondano. Adapun kegiatan Pencanangan Penghijauan Sekitar Danau Tondano terpusat di Universitas Negeri Manado (Unima).

Pencanangan penghijauan atas gagasan kerja sama Unima, Komunitas Peduli Danau Tondano (KPDT), Balai Sungai Wilayah Sulawesi Satu serta KNPI Sulut.

Pada kesempatan itu, Rio sangat mengapresiasi atas dilibatkannya pemuda dalam kegiatan tersebut.

“Karena pemuda harus banyak diajari peduli terhadap lingkungan hidup,” ungkap sosok Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sulut.

Apalagi, menurutnya, daerah yang dekat dengan sumber air harusnya maju. Sehingga sudah menjadi tugas dan tanggung jawab bersama mendukung dan mengembangkan daerah pesisir dan sekitaran Danau Tondano.

Baca Juga:  Eman terus seriusi masalah ketahanan pangan

“Danau ini kan bukan buatan manusia. Ini adalah anugerah dari Tuhan untuk kita. Sebagaimana negara-negara besar seperti Amerika Serikat, pusat perekonomiannya berada di pesisir barat dan pesisir timur. Di China, ada Shanghai daerah pesisir. Israel juga bergantung pada Danau Galilea,” ungkapnya.

Putra sulung Gubernur Sulut Olly Dondokambey ini juga mendukung penuh kegiatan Komunitas Peduli Danau Tondano.

“Jajaran KNPI sangat mendukung. Begitu juga dengan Unima. Kami sangat berharap bisa menyumbang ide-ide dan kontribusi untuk sama-sama kita melestarikan Danau Tondano,” tandasnya.

(Youngky)

Pos terkait