Bupati Minut Apresiasi dan Bangga Desa Tumaluntung Masuk Nominasi 100 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

  • Whatsapp

Minut,MANADONEWS.co.id- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melalui siaran youtube jaringan desa wisata, Kamis (19/8) kembali mengumumkan 100 besar desa wisata Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 melalui siaran youtube jaringan desa wisata, Jumat (20/8/21).

Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa Utara(Minut) patut berbangga diri, pasalnya Desa Wisata Tumuluntung masuk dalam 100 besar ajang bergensi tersebut sekaligus mewakili Provinsi Sulut.

Menteri Sandiaga Uno saat mengumumkan 100 besar desa wisata itu mengatakan melalui ADWI dalam upaya mewujudkan wisata berkelas dunia, berdaya saing dan bekelanjutan untuk Indonesia Bangkit.

Sandiaga menjelaskan rangkaian kegiatan anugrah itu masih pada tahap kurasi. Ditetapkannya Desa Wisata Tumaluntung di Minut bersama 99 desa wisata lainnya di tanah air telah memenuhi kriteria penilaian kurator.

“Berdasarkan penilaian dewan kurator terhadap tujuh kategori penilaian, klasifikasi desa wisata dan kelengkapan melalui wesite jadestadotcom,” katannya.

Kadis Pariwisata Minut Audy Sambul
menyatakan dalam ajang ini tim Pemprov Sulut mengajukan tiga desa di Kabupaten Minut yakni desa Palaes, desa Budo dan Desa Tumaluntung.Pada nominasi 300 besar ketiga desa diatas masih masuk, namun tiba di nominasi 100 besar tinggal  Desa Tumaluntung diumumkan masuk 100 besar ADWI 2021.

Baca Juga:  MaSi Disambut Luar Biasa di Tabut, Warga: Kami Mau Pilih Bupati Petarung dan Pejuang

“Capaian 100 besar ini satu hal membanggakan dan bagi Minut, Kita berharap dan berdoa desa wisata Tumaluntung masuk nominasi tahap selanjutnya, 50 besar ADWI.”katanya.

Audy menambahkan bahwa ini merupakan satu prestasi berkat dukungan penuh Bupati dan Wakil Bupati serta kerja keras dan dukungan semua pihak dan masyarakat.

“Ini berkat kerja keras dan dukungan semua pihak, dukungan pak bupati, DPR, pengelola wisata, pokdarwis dan masyarakat yang terus memeromosikan dan menggiatkan pariwisata Lambar,” katanya.

Secara terpisah, Bupati Minut Joune Ganda, SE ketika dikonfirmasi sangat apresiasi dan bangga terhadap kerja keras dari dinas terkait dan masyarakat serta tim yang telah mempersiapkan semua syarat yang dibutuhkan oleh tim kurator dari Kemenkeraf hingga dapat lolos dan masuk 100 besar.

“Yang pasti ini prestasi nasional yang sangat membanggakan, sebab nama Desa Tumaluntung telah masuk data di pusat. tapi jangan berpuas diri sebab tahapan akhir dari masih akan dilaksanakan.Mari torang terus bekerja keras dan berdoa agar Tumaluntung masuk nominasi desa wisata lanjutan”tandas Joune Ganda sambil menambahkan akan terus membangun sinergitas ke Pemprov Sulut dan pusat serta terus melakukan inovasi dan kreativitas dalam  rangka meningkatkan perekonomian desa melalui sektor pariwisata,”(nando)

Baca Juga:  23 Anggota Dewan Usulkan Hak Angket Ke Pimpinan DPRD Mitra

Pos terkait