PIP Sudah Disalurkan, VaSung: Siswa harus Terima Utuh!

  • Whatsapp
Vanda Sarundajang

MANADO, MANADONEWS.CO.ID – Pemerintah Pusat mulai menyalurkan bantuan pendidikan (beasiswa) kepada siswa SD, SMP, SMA dan SMK melalui Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2021.

Penyaluran sudah mulai bergulir sejak awal September 2021.

Dijelaskan DPR RI Vanda Sarundajang (VaSung), memang ada keterlambatan penyaluran dari pihak Kementrian Pendidikan dan Kementerian terkait sebab harus melakukan validasi kembali terhadap NIK siswa penerima agar tepat sasaran,” ujar Anggota .

“Untuk itu saya meminta pihak sekolah selalu melakukan registrasi kembali data ke Dapodik Kemendikbud agar data siswa selalu terupdate,” pintanya.

Komisi X itu berharap beasiswa ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh siswa penerima atau orang tua untuk kepentingan biaya pendidikan.

“Selain untuk membayar SPP, beasiswa ini juga bisa dimanfaatkan untuk membeli paket internet atau pulsa yang sekarang sangat dibutuhkan oleh siswa ketika melaksanakan pembelajaran dengan jaringan (Daring),” tuturnya.

Hal penting lain yang disampaikannya, dalam penyalurannya agar tidak ada pungutan dalam bentuk apapun.

“Semua siswa harus menerimanya utuh, karena sanksi hukumnya jelas,” tandasnya.

Baca Juga:  Hasil Data BPS, Kemiskinan di Sulut Terendah se-Sulawesi

Sementara itu, Koordinator Tim Kerja VaSung se Sulawesi Utara Torry Kojongian merincikan, bagi pelajar di tingkat SD berhak menerima Rp450.000 (kelas VI yang baru lulus terima Rp225.000), SMP menerima Rp750.000 (kelas IX yang baru lulus terima Rp375.000), SMA atau SMK menerima Rp1.000.000 (kelas XII yang baru lulus terima Rp500.000).

Lanjutnya, VaSung sudah melakukan beberapa pertemuan lewat media (daring) zoom dengan pihak pimpinan sekolah, Guru, Orang Tua murid untuk memberikan informasi terkait program PIP agar diterima utuh dan penggunaan sesuai himbauan pemerintah.

“Beliau juga berjanji akan turun langsung mengawasi penyaluran PIP di Sulut dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan DPR-RI,” tandas Kojongian.

Diketahui selain memperjuangkan dana PIP, Srikandi andalan PDI Perjuangan penerus almarhum Dr. S.H. Sarundajang di bidang politik dan merupakan anggota DPR RI satu satunya wanita asal Sulut yang sudah menjabat tiga periode ini di Senayan ini, pun gencar melakukan gerakan kemanusiaan, termasuk sejak wabah Covid19 melanda dunia awal tahun silam.

Baca Juga:  Sulut Segera Miliki Laboratorium PCR

Secara kontinue, VaSung bersama Tim aktif turun lapangan melakukan penyemprotan disinfektan, membagikan masker, Handsanitizer, membagikan makanan, vitamin untuk masyakat dan yang menjalani Isoman serta kepada tenaga kesehatan.

Pos terkait