Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaPemerintahanSulawesi Utara

Dukung Pembangunan Daerah, Pemprov Sulut Kumpul Kabupaten/Kota Fasilitasi Tingkatkan Daya Saing

×

Dukung Pembangunan Daerah, Pemprov Sulut Kumpul Kabupaten/Kota Fasilitasi Tingkatkan Daya Saing

Sebarkan artikel ini

Manado, MANADONEWS –
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Rapat Koordinasi dan Fasilitasi Peningkatan Daya Saing Wilayah Berbasis Kawasan dan Strategis Nasional.

Rakor yang difasilitasi Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Pemotda) Setdaprov Sulut, berlangsung di Hotel Sintesa Peninsula, Selasa (19/7).

MANTOS MANTOS

Dikatakan Kepala Biro Pemotda Setdaprov Sulut Weldie Poli, Rapat Koordinasi dan Fasilitasi Peningkatan Daya Saing Wilayah Berbasis Kawasan dan Strategis Nasional bertujuan untuk mendukung pembangunan daerah.

Seperti yang dimaksudkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Tata Cara Penyusunan Pengendalian dan Evaluasi Rencana Pembangunan Daerah, yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan di dalamnya.

“Tujuannya juga untuk pemanfaatan pengalokasian sumber daya yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dalam suatu lingkungan wilayah atau daerah,” ujar Weldie Poli.

Baca Juga:  Wagub Sulut Lepas 21 Calon Mahasiswa Beasiswa Dari PT MSM

Sementara itu, Sekprov Sulut Praseno Hadi yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Christiano Talumepa dalam sambutannya, mengapresiasi yang tinggi kepada inisiator kegiatan yang penting ini.

Talumepa menambahkan kegiatan ini dilaksanakan untuk mengantisipasi krisis global yang sedang menimpa sejumlah negara di dunia akibat perang Rusia dengan Ukraina. Sesuai rilis dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, sudah ada enam negara yang bangkrut dan 60 negara lain berpotensi menyusul.

“Syukur Puji Tuhan, Indonesia masih bisa mempertahankan eksistensi untuk ketahanan ekoniminya,” ujarnya.
Meski masih stabil, namun langkah antisipasi terhadap ancaman krisis global harus segera dilakukan.

“Ini jadi bagian peran kita masing-masing sebagai pemerinth provinsi untuk bagaimana kita memaksimalkan pptensi sumber daya yang ada di kabupaten/kota di Sulut,” tutur Talumepa.

Baca Juga:  Pemdes Moyag Tampoan Salurkan BLT Dandes Tahap Enam dengan Menerapkan Protkes 3 M

Ia mencontohkan daerah di Sulut memilki sumber daya alam yang sangat potensi. “Kita memiliki potensi kelautan dan perikanan, yang didalamnya ada pariwisatanya, pertambangannya dan sebagaimana. Ini perlu sentuhan,” tukasnya.

Ia mengharapkan dalam rapat ini terjalin sinergitas dengan perwakilan 15 kabupaten/kota di Bumi Nyiur Melambai.
“Saya tahu bahwa 15 kabupaten kota di Sulut memilki unggulannya masing-maising, yang bisa menjadi daya saing. Tentu diharapkan kabupaten/kota harus punya kejelian untuk melihat potensi yang ada di wilayahnya masing-masing,” pungkasnya.

Hadir Kepala Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Sulut Imanuel Makahanap SH, MH, sebagai narasumber dari akademisi Prof Charles Kepel, sementara peserta datang dari perwakilan kabupaten/kota di Sulut, serta sejumlah pejabat struktural Pemprov Sulut.(Youngky/*)

Example 120x600