Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed Bogani Latih 30 Paskibra di Perbatasan

Manado – Dalam rangka persiapan upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tepatnya pada tanggal 17 Agustus 2022, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Tarik Bogani melatih anak-anak Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) tingkat Kecamatan Badau,Rabu (10/8/2022) di lapangan sekitar patung Soekarno tepatnya di PLBN Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Tarik Bogani Letkol Arm Edi Yulian Budiargo, S.Sos., M.Han dalam keterangan tertulis menyampaikan bahwa personel Satgas pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Tarik Bogani terlibat sebagai pelatih dalam melatih Paskibra Kecamatan Badau,beberapa personel yang merupakan purna paskibraka yang ditunjuk sebagai pelatih.

Bacaan Lainnya

“Dalam rangka penyiapan perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia di Kecamatan Badau, kita ikut berpartisipasi dalam melatih anak-anak Paskibra Kecamatan Badau.Dari personel kita juga ada yang merupakan purna Paskibraka di daerah mereka masing-masing, sehingga kita libatkan untuk menjadi pelatih mereka”, kata Dansatgas.

Baca Juga:  Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Tarik Bogani Mengunjungi Pos Malindo di Distrik Lubok Antu

Dikatakannya,pada pelaksanaan pengibaran bendera tahun ini akan dipusatkan di sekitar bundaran patung Soekarno yang berada di kawasan PLBN Badau,mengingat tempat pelaksanaan upacara pengibaran bendera berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga banyak persiapan yang harus diselesaikan termasuk dalam melatih formasi saat pelaksanaan di lapangan upacara.

“Tempat pelaksanaan upacara pengibaran bendera tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, terutama dari segi layout lapangan yang menggunakan tempat di sekitar patung Soekarno dan Tugu Garuda berbeda dengan lapangan lain pada umumnya. Akan tetapi tim Paskibra Kecamatan Badau sudah kita atur dan dilatih untuk melaksanakan pengibaran bendera di tempat tersebut”, ujar Dansatgas Pamtas RI-Malaysia.

Dijelaskannya bahwa sebanyak 30 siswa yang berasal dari sekolah SMAN 1 Badau dan SMKN 1 Badau mengikuti latihan Paskibra dengan koordinator latihan Pasiops Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Tarik Bogani Lettu Arm Johan dan materi yang diberikan tentang praktek Peraturan Baris – Berbaris (PBB) diantaranya latihan gerakan dasar di tempat, penghormatan, langkah tegap, formasi dan kekompakan peserta Paskibra.

Baca Juga:  Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Tarik Bogani Berhasil Menangkap PMI Illegal yang Hendak Masuk ke Malaysia

“Kegiatan latihan ini bertujuan untuk dapat membentuk karakter dari para siswa dan siswi agar mereka lebih disiplin dapat memupuk jiwa nasionalisme dan juga untuk membina para anggota Paskibra supaya dapat melaksanakan tugas sebagai pengibar bendera dengan baik”,tutup Letkol Arm Edi Yulian Budiargo, S.Sos., M.Han.(Regina.TS)

 

 

Pos terkait